Nugroho, Alfi (2017) Analisis Problematik Industri Jasa Warnet Dengan Menggunakan Metode SERVQUAL. Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri, 2 (1). pp. 1-9. ISSN 2460-7975
Text
264-49-510-2-10-20171107.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (163kB) | Request a copy |
Abstract
Warnet (warung internet)adalah sebuah tempat yang menyediakan akses infrastruktur internet dengan berbagai koneksi dan komputer sebagai perangkat akses sehingga pengguna bisa mengakses internet dan memperoleh layanan di bidang teknologi informasi. Tujuan penelitian ini adalah mencari faktor kualitas layanan yang ada pada bisnis warnet dan mengetahui dimensi kualitas layanan yang paling berpengaruh pada industri jasa warnet.Metode yang digunakan dalam analisa adalah analisa deskriptif pelayanan, uji T dan analisa regresi. Dengan obyek penelitian warnet di kota Malang. Dari hasil penelitian di ketahui jika Konstruk Servqual Parasuraman, yang awalnya 22 item yang terdiri dari 5 dimensi pembentuknya, pada studi kasus di warnet tereduksi menjadi 9 item, Kesenjangan (Gap) pada jasa internet yang diukur berdasarkan konsep servqual menghasilkan ukuran dari kualitas layanan pada jasa Warnet. Pada penelitian ini kesenjangan yang terjadi pada pada dimensi kualitas layanan secara berurutan dari nilai terbesar hingga ke nilai terkecil adalah Assurance (- 1,1115), Empathy (-1,0732), Responsiveness (-0,7834), Tangible (-0,1847) dan Reliability (0,0191). bermakna kualitas layanan yang di terima konsumen untuk Reliability di kategorikan sangat berkualitas, sedangkan dimensi yang lain memiliki nilai gap lebih kecil dari nol berarti di kategorikan tidak berkualitas. Kata Kunci: Dimensi Kualitas Pelayanan, Persepsi Pelanggan, Ekspektasi Pelanggan
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Dimensi Kualitas Pelayanan, Persepsi Pelanggan, Ekspektasi Pelanggan |
Subjects: | Engineering > Industrial Engineering |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknik Industri S2 |
Depositing User: | haning haning |
Date Deposited: | 29 Jul 2019 05:08 |
Last Modified: | 29 Jul 2019 05:27 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/3661 |
Actions (login required)
View Item |