Analisis Kualitas Pelayanan di Puskesmas X Menggunakan Metode Servqual dan Saran Perbaikannya

Herawan, I Gede Asta Wido (2017) Analisis Kualitas Pelayanan di Puskesmas X Menggunakan Metode Servqual dan Saran Perbaikannya. Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri, 3 (1). pp. 34-40. ISSN 2549-3426

[img] Text
462-49-905-2-10-20171004.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (147kB)
Official URL: https://ejournal.itn.ac.id/index.php/jtmi/article/...

Abstract

Puskesmas X merupakan puskesmas yang cukup mudah untuk dijangkau masyarakat.Pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh Puskesmas X kepada pasien belum maksimal karena masih banyak dijumpai kelemahan sehingga belum memenuhi kualitas sesuai yang diharapkan oleh masyarakat. Hal ini mengakibatkan terjadi kesenjangan antara persepsi dan ekspetasi pasien terhadap pelayanan Puskesmas X.Tujuan penelitian ini adalah mengetahui persepsi dan ekspetasi pasien terhadap kualitas pelayanan dan mengetahui dimensi Servqual yang paling berpengaruh terhadap kualitas pelayanan Puskesmas X. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengananalisis mean gapuntuk mengetahuikualitas pelayanan dan analisis regresi untuk mencari dimensi Servqual yang paling berpengaruh terhadap kualitas pelayanan Puskesmas X.Hasil perhitungan mean gapdidapatkan seluruh nilainya negatif, hal ini menunjukkan adanya kesenjangan pada seluruh dimensi Servqual yang digunakan. Hasil regresi menunjukkan dimensiyang paling berpengaruh terhadap kualitas pelayanan Puskesmas X adalah assurance(p = 0,000), kemudian responsiveness(p =0,000),tangible(p =0,001), empathy(p =0,002) dan reliability(p =0,014).Maka dapat disimpulkan terjadi kesenjangan antarapersepsi dan ekspetasi pasien terhadap kualitas pelayananPuskesmas X. Sedangkan dimensi yang paling berpengaruh terhadap kualitas pelayanan adalahassurance. Kata Kunci: Persepsi, Ekspetasi, Puskesmas X, Servqual

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Persepsi, Ekspetasi, Puskesmas X, Servqual
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknik Industri S2
Depositing User: haning haning
Date Deposited: 29 Jul 2019 05:40
Last Modified: 29 Jul 2019 05:40
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/3664

Actions (login required)

View Item View Item