USULAN RANCANGAN RAMBU-RAMBU LALU LINTAS JALAN RAYA YANG ERGONOMIS DITINJAU DARI ASPEK DISPLAY SEHINGGA MEMBERI KENYAMANAN BAGI PENGGUNA JALAN

Hutabarat, Julianus (2010) USULAN RANCANGAN RAMBU-RAMBU LALU LINTAS JALAN RAYA YANG ERGONOMIS DITINJAU DARI ASPEK DISPLAY SEHINGGA MEMBERI KENYAMANAN BAGI PENGGUNA JALAN. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Teknologi XI. pp. 1-8. ISSN 978979-99735-9-7

[img] Text
11-Usulan rancangan rambu-rambu lalu lintas jalan raya yang ergonomis .pdf

Download (159kB)
[img] Text
11-Usulan rancangan rambu-rambu lalu lintas jalan raya yang ergonomis _2.pdf

Download (159kB)
[img] Text (turnitin)
Usulan rancangan rambu-rambu lalu lintas jalan raya yang ergonomis ditinjau dari aspek display sehingga memberi kenyamanan bagi pengguna jalan.pdf

Download (4MB)

Abstract

Di berbagai kota banyak rambu-rambu lalu lintas yang tidak memadai khususnya ikon rambu yang artinya tidak boleh putar balik kecuali roda dua. Dari segi ukuran ikon, letak penempatan ikon, dan maksud dari ikon rambu lalu lintas kurang dimengerti oleh pengguna jalan, sehingga sering kali para pengguna jalan merasa kurang nyaman pada waktu berkendara. Hal ini menyebabkan daya tangkap atau respon dari pengguna jalan berkurang bahkan terlambat untuk mengantisipasi bahasa verbal yang ada pada ikon rambu-rambu lalu lintas tersebut. Dengan adanya usulan tentang rancangan rambu-rambu lalu lintas yang baru ini di harapkan para pengguna jalan lebih cepat paham maksud dari rambu tersebut serta mampu meminimalisir angka kecelakaan sehingga memberikan kenyamanan bagi pengguna jalan. Penelitian ini menggunakan kuesioner untuk mengetahui kriteria-kriteria rambu lalu lintas, menghitung bobot kriteria dengan metode AHP, untuk memperluas ruang desain digunakan peta morfologi, mengetahui desain terpilih menggunakan matrik zero-one dan matrik evaluasi, melakukan percobaan, kuesioner penentuan alternatif yang paling baik sekaligus hasil akhir. Dari hasil penelitian dan percobaan didapatkan ukuran rambu lalu lintas 70cm × 90cm, tinggi 3,5 meter, jarak pandang 11,1 meter, respon 2 detik serta model yang ideal untuk memberikan rekomendasi agar nantinya penelitian ini bisa bermanfaat bagi semua orang khususnya para pengguna jalan raya. Kata kunci: AHP, Peta Morfologi, Zero One, Matrik Evaluasi

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: AHP, Peta Morfologi, Zero One, Matrik Evaluasi
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknik Industri S2
Depositing User: SAP Haning Tri Novianti
Date Deposited: 30 Jul 2019 01:51
Last Modified: 31 Jan 2020 07:18
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/3681

Actions (login required)

View Item View Item