Hutabarat, Julianus and Ruwana, Iftitah and Setiadjit, Dayal Gustopo and Mustiadi, Lalu (2017) PENGARUH STRETCHING SIANG HARI TERHADAP KECEPATAN RESPON SOPIR ANGKUTAN KOTA. Seminar Nasional Inovasi Dan Aplikasi Teknologi Di Industri. pp. 1-5. ISSN 2085-4218
Text
7. PSmarkup_Hutabarat_Julianus_PENGARUH_STRETCHING_SIANG_HARI_TERHADAP_KECEPATAN_RESPON_SOPIR_ANGKUTAN_KOTA.pdf Download (413kB) |
Abstract
Abstrak . Mental task merupakan salah satu pekerjaan sopir angkutan kota terkait dengan konsentrasi dan kemampuan mengendalikan informasi visual yang diterima para sopir, mental yang prima merupakan kebutuhan agar dapat mengendalikan mobil dengan baik dan menghindari terjadinya acciident di jalan raya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi terkait pemberian perlakuan stretching kepada para pengemudi untuk meningkatkan kecepatan respon para sopir. Perlakuan Stretching dan pengukuran kecepatan respon dilakukan pada pagi hari dan siang hari.Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian dilakukan dengan tahapan penelitian meliputi: 1. Penentuan rute/jalur angutan 2. Mencari responden/sopir yang akan dilakukan pengukuran dengan usia sopir berkisar antara 25 sampai dengan 60 tahun dengan jumlah responden 30 orang 3. Penetapan gerakan stretching yang diberi nama D-Stretch 4. Waktu perlakuan stretching dikelompokkan dalam 3 (tiga) bagian: 1. Bagian pertama tanpa stretching; 2. Bagian kedua stretching dilakukan pada siang hari. Pengukuran kecepatan respon menggunakan alat peraga yang kemudian para sopir diminta untuk memberikan respon terhadap alat peraga tersebut, waktu respon direkam dalam camera. Hasil penelitian diperoleh pada pagi hari dan siang hari tanpa diberikan stretching maka akan terjadi peningkatan waktu respon atau kecepatan responnya menjadi menurun sekitar 4%, namun jika diberikan stretching pada siang hari maka ada penurunan waktu respon atau kecepatan respon lebih cepat sebesar 16 % dibandingkan dengan siang hari tanpa stretching. Kesimpulan bahwa dengan memberikan stretching pada siang hari akan memberikan kontribusi positif terhadap kesigapan mengendarahi mobil sopir angkutan kota atau kecepepatan respon para sopir menjadi semakin terjaga. Kata kunci: Pengemudi mobil angkutan kota, Stretching, Kecepatan
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Pengemudi mobil angkutan kota, Stretching, Kecepatan |
Subjects: | Engineering > Industrial Engineering |
Divisions: | Program Pasca Sarjana |
Depositing User: | haning haning |
Date Deposited: | 09 Aug 2019 02:06 |
Last Modified: | 09 Aug 2019 02:06 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/3746 |
Actions (login required)
View Item |