APLIKASI PENGENALAN SENJATA TRADISIONAL INDONESIA MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID

Novitasari, Ayu Lutfi (2019) APLIKASI PENGENALAN SENJATA TRADISIONAL INDONESIA MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.

[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (57kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (74kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (406kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (447kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (34kB) | Request a copy
[img] Text
Jurnal Ayu Lutfi Novitasari.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (477kB)

Abstract

APLIKASI PENGENALAN SENJATA TRADISIONAL INDONESIA MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID Ayu Lutfi Novitasari Teknik Informatika – ITN Malang E-mail : ayulutfinovitasari@gmail.com ABSTRAK Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Indonesia memiliki berbagai macam kebudayaan. Salah satunya adalah senjata tradisional yang menjadi salah satu ciri khas setiap daerah di Indonesia. Budaya merupakan identitas bangsa yang harus dilestarikan. Salah satunya dengan menjadikan sejarah kebudayaan sebagai materi pembelajaran di sekolah. Namun dengan media terbatas dan cara mengajar yang monoton menyebabkan siswa tidak dapat menyerap pengetahuan dengan maksimal. Hal tersebut tidaklah efektif. Saat ini kita membutuhkan metode yang dapat menunjang minat belajar siswa sekaligus untuk melestarikan kebudayaan Indonesia. Augmented reality adalah teknologi yang menggabungkan dunia maya dan nyata diproyeksikan dengan alat elektronik secara real time. Telah lama AR dimanfaatkan bukan lagi hanya untuk media hiburan dan promosi. Penulis memanfaatkan kegunaan AR untuk membuat aplikasi Pengenalan Senjata Tradisional Indonesia sebagai media pembelajaran kebudayaan. Metode yang digunakan adalah marker based tracking yaitu menggunakan image target untuk mengenali objek dan informasi. Dimana nantinya marker yang diguankan adalah image asli senjata tradisional masing-masing daerah di Indonesia. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi Pengenalan Senjata Tradisional Indonesia untuk pelajar dan masyarakat umum berbasis Android menggunakan 2 bahasa yaitu Indonesia dan Inggris serta dilengkapi dengan informasi berupa audio. Aplikasi juga dilengkapi dengan guide book yang berisi deskripsi masing-masing senjata tradisional, peta letak geografis, dan marker. Kata Kunci : senjata tradisional Indonesia, Augmented Reality, Android

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Ayu Lutfi Novitasari 15.18.053
Uncontrolled Keywords: senjata tradisional Indonesia, Augmented Reality, Android
Subjects: Engineering > Informatics Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi)
Depositing User: Ms Nunuk Yuli
Date Deposited: 13 Aug 2019 05:38
Last Modified: 22 Aug 2019 03:45
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/3772

Actions (login required)

View Item View Item