STUDI PENGARUH PENUTUPAN PINTU PERLINTASAN KERETA API TERHADAP KINERJA SIMPANG BERSINYAL (STUDI KASUS SIMPANG BERSINYAL JL. AHMAD YANI – JL. L.A. SUCIPTO, KOTA MALANG

Pradana, Agus Fery (2019) STUDI PENGARUH PENUTUPAN PINTU PERLINTASAN KERETA API TERHADAP KINERJA SIMPANG BERSINYAL (STUDI KASUS SIMPANG BERSINYAL JL. AHMAD YANI – JL. L.A. SUCIPTO, KOTA MALANG. Skripsi thesis, ITN MALANG.

[img] Text
1. BAGIAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)
[img] Text
2. BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (496kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (817kB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (548kB) | Request a copy
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (427kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kota Malang yang terletak di Pulau Jawa bagian timur merupakan kota terbesar kedua setelah Kota Surabaya, sebuah kota yang mendapat sebutan sebagai kota pendidikan. Trasnsportasi yang baik adalah transpotasi yang lancar, aman, nyaman dan efesien, salah satu permasalahan transportasi adalah perlintasan sebidang antara jalan raya dan perlintasan kereta api. Perlintasan kereta api di Blimbing merupakan salah satu perlintasan yang terbentuk dari dua sarana transportasi, yang menjadi masalah adalah adanya perlintasan kereta api yang berdekatan dengan simpang bersinyal, dimana pada jam jam tertentu saat kereta melintas panjang antrian yang disebabkan penutupan pintu perlintasan dapat mengganggu kinerja simpang bersinyal. Untuk meningkatkan kinerja simpang saat palang pintu perlintasan kereta api ditutup, perlu dilakukan analisa dan pemodelan baru sehingga didapat solusi alternatif untuk mengurangi masalah yang terjadi pada simpang. Survey yang dilakukan pada studi ini yaitu survey volume, panjang antrian simpang dan panjang antrian saat kereta melintas. Analisa kinerja simpang bersinyal menggunakan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2014 untuk perhitungan derajat kejenuhan, antrian, dan tundaan. Untuk evaluasi tingkat pelayanan menggunakan Peraturan Menteri Perhubungan No. 96 tahun 2016. Berdasarkan hasil analisa saat palang pintu perlintasan kereta api ditutup didapat panjang antrian maksimum terjadi pada pukul 14:31 dengan panjang antrian sebesar 199 m dengan tundaan rata rata simpang saat kereta melintas yaitu 45,86 dengan tingkat pelayanan E. Alternatif yang dipilih untuk permasalahan saat pintu perlintasan kereta api diututup adalah dengan melakukan pelebaran jalan sebesar 2 meter. Alternatif mendapatkan nilai panjang antrian maksimum saat pintu perlintasan kereta api ditutup pada sebesar 99 m, sedangkan pada kondisi eksisting panjang antrian maksimum mencapai 198 .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Agus Fery Pradana (1521052)
Uncontrolled Keywords: Perlintasan Sebidang, Kinerja Simpang, Panjang Antrian.
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi)
Depositing User: Mahasiswa Sipil
Date Deposited: 23 Aug 2019 03:47
Last Modified: 23 Aug 2019 03:47
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/3834

Actions (login required)

View Item View Item