PENGARUH PENAMBAHAN KARET ALAM (LATEKS) PADA CAMPURAN ASPAL HRS-WC DENGAN ABU TERBANG (FLY ASH) SEBAGAI FILLER

Rahmawan, Iyan Irnandi (2019) PENGARUH PENAMBAHAN KARET ALAM (LATEKS) PADA CAMPURAN ASPAL HRS-WC DENGAN ABU TERBANG (FLY ASH) SEBAGAI FILLER. Skripsi thesis, ITN MALANG.

[img] Text
1. BAGIAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text
2. BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (100kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (485kB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (517kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (95kB) | Request a copy
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (11kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (52MB) | Request a copy
[img] Text
9. JURNAL SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (773kB)

Abstract

Peningkatan volume lalu lintas yang semakin pesat dapat mengakibatkan tingkat kerusakan seperti deformasi terhadap lapis permukaan jalan yang disebabkan oleh pengaruh beban lalu lintas yang berlebihan (overload), maka diperlukan kualitas perencanaan campuran perkerasan jalan yang baik. Lateks dapat meningkatkan nilai stabilitas yang tinggi, namun semakin bertambahnya kadar lateks pada campuran dapat meingkatkan nilai flow semakin tinggi, sedangkan untuk penggunaan filler fly ash setiap penambahan kadarnya menghasilkan nilai flow yang semakin rendah, oleh karena itu penelitian ini diharapkan menghasilkan campuran perkerasan HRS-WC yang lebih baik. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimental yang dilakukan di Laboratorium Bahan Konstruksi ITN Malang pada tanggal 2 April 2019 sampai 10 April 2019. Pada penelitian ini menggunakan variasi kadar aspal 7%, 7,5% , 8%, variasi kadar fly ash 4%, 5%, 6%, dan variasi kadar lateks 7%, 8%, dan 9% untuk mencari kadar campuran yang optimum, ditinjau dari nilai karakteristik Marshall. Hasil pengujian mendapatkan kadar optimum dengan nilai kadar aspal 7,5%. Menghasilkan nilai karakteristik Marshall dengan Stabilitas 954,38 kg, Flow 4,20%, VIM 4,03%, VMA 19,08%, Marshall Quotient 229,20 kg/mm, VFA 79,90%. Hasil pengujian mendapatkan campuran optimum dengan nilai kadar aspal 7,5%, kadar fly ash 4% dan kadar lateks 9%. Menghasilkan nilai karakteristik Marshall dengan Stabilitas 1104,72 kg (Naik 15,75%), Flow 3,40% (Turun 19,05%), VIM 4,85% (Naik 20,35%), VMA 19,77% (Naik 3,62%), Marshall Quotient 317,67 kg/mm (Naik 38,6%), VFA 75,24% (Turun 5,83%). Semua hasil pengujian pada campuran optimum memenuhi persyaratan spesifikasi HRS–WC yang telah ditetapkan oleh Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga 2018. Hasil Analisa korelasi sebesar 0,99899, hal ini menyatakan adanya hubungan yang kuat. Hasil pengujian hipotesis didapatkan adanya pengaruh variasi kadar lateks, variasi kadar fly ash, dan variasi kadar aspal pada nilai karakteristik marshall.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Iyan Irnandi Rahmawan (1521072)
Uncontrolled Keywords: HRS–WC, Marshall, Lateks, Fly Ash.
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi)
Depositing User: Mahasiswa Sipil
Date Deposited: 23 Aug 2019 03:51
Last Modified: 23 Aug 2019 03:51
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/3840

Actions (login required)

View Item View Item