UDJIR, FAHRIANSYAH (2019) MUSEUM BUDAYA PAPUA. Skripsi thesis, ITN MALANG.
Abstract
Semakin berkembangnya zaman, anak-anak muda masyarakat Papua banyak yang belum mengenal kebudayaan mereka sendiri. Dan mungkin saja tidak semua masyarakat Papua mengenal seluruh budaya yang ada di Papua. Jadi terdapat kecenderungan untuk terjadinya degradasi atau penurunan nilai budaya. Salah satu faktor penyebabnya adalah kurangnya kesadaran terhadap pentingnya pendidikan dan pelestarian budaya. Pada budaya-budaya yang hanya mengandalkan tradisi lisan dalam pewarisannya dari generasi ke generasi berikutnya, permasalahan ini menjadi semakin rumit karena memiliki kecenderungan mudah untuk dilupakan. Namun usaha ini belum memadai karena aspek pendidikannya-dalam kaitannya terhadap usaha untuk meneruskan tradisi adat kepada generasi berikutnya-masih sangat minim. Aspek pendidikan menjadi kurang menonjol karena tidak terdapat fasilitas yang memadai sebagai sarana pendidikan dan pelestarian. Diperlukan usaha-usaha untuk melanjutkan kegiatan-kegiatan pelestarian budaya yang telah ada, di Papua Barat khususnya. Dengan menyediakan sarana yang kapasitasnya sebagai sarana pendidikan dan pelestarian budaya yaitu Museum Budaya Papua. Selain dari fungsinya sebagai sarana pendidikan dan pelestarian, museum ini juga dapat berfungsi sebagai sarana rekreasi yang edukatif. Dengan demikian pada generasi penerus selanjutnya memilki sumber untuk mengakses pengetahuan terhadap tradisi. Kata Kunci : Museum, Papua, Budaya, Pelestarian, Pendidikan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | fahriansyah udjir (1522026) |
Uncontrolled Keywords: | Museum, Papua, Budaya, Pelestarian, Pendidikan |
Subjects: | Engineering > Architectural Engineering |
Divisions: | Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Arsitektur S1 > Teknik Arsitektur S1(Skripsi) |
Depositing User: | Mahasiswa Arsitektur S1 |
Date Deposited: | 23 Aug 2019 03:54 |
Last Modified: | 23 Aug 2019 03:54 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/3873 |
Actions (login required)
View Item |