Wijaya, Septian Hendra (2019) PENGGUNAAN PEMANAS TIPE “TUBULAR TUBE HEATER” SEBAGAI PREHEATER PADA MOTOR BAKAR DENGAN PEMANASAN GAS BUANG TERHADAP PRESTASI MESIN. Skripsi thesis, ITN MALANG.
Abstract
Seiring kemajuan teknologi di berbagai bidang kehidupan manusia terdorong oleh semakin kompleksnya kebutuhan manusia sehingga diharapkan penerapan teknologi dapat banyak kemudahan dan manfaat bagi kehidupan manusia. Saat ini kendaraan bermotor tidak hanya digunakan oleh kalangan tertentu saja tetapi semua kalangan menggunakan kendaraan bermotor. Namun pemanfaatan gas buang sisa pembakaran kendaraan masih jarang, sumber panas ini biasanya langsung di buang/dikeluarkan melalui knalpot ke udara bebas, padahal panas sisa pembakaran masih memiliki temperature yang cukup tinggi. Dengan menerapkan konsep penukar kalor maka kita dapat memanfaatkan sumber energi panas ini sebagai pemanas udara yang akan masuk kedalam ruang bakar pada mesin. Pengujian ini dilakukan di Laboratorium Motor Bakar Jurusan Teknik Mesin Institut Teknologi Nasional Malang. Pengujian menggunakan variasi putaran mesin 1000 rpm, 1500 rpm, 2000 rpm, 2500 rpm. Pengujian menggunakan Petrol Engine Merlin II, Tanpa Pemanas Udara dan menggunakan Pemanas Udara tipe “Tubular Tube” yang mempengaruhi prestasi mesin. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan hasil prestasi mesin terbaik pada putaran 1500 rpm dengan pemakaian bahan bakar 76,48 detik/8ml, daya sebesar 0,26 KW dan torsi sebesar 1,7 NM. KATA KUNCI : PREHEATER TIPE “TUBULAR TUBE HEATER”
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Septian Hendra Wijaya (1511033) |
Uncontrolled Keywords: | PREHEATER TIPE “TUBULAR TUBE HEATER” |
Subjects: | Engineering > Mechanical Engineering |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Mesin S1 > Teknik Mesin S1(Skripsi) |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 26 Aug 2019 02:24 |
Last Modified: | 26 Aug 2019 02:24 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/3949 |
Actions (login required)
View Item |