Tingkat kepuasan terhadap Penggunaan sarana dan prasarana Pasar Bobou di Kelurahan Faobata Kecamatan Bajawa berdasarkan Persepsi pedagang

Modo, Rafael Handriano (2017) Tingkat kepuasan terhadap Penggunaan sarana dan prasarana Pasar Bobou di Kelurahan Faobata Kecamatan Bajawa berdasarkan Persepsi pedagang. Skripsi thesis, itn malang.

[img] Text
skripsi rafael.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (17MB) | Request a copy

Abstract

Peningkatan aktivitas di Pasar Inpres Bajawa membawa dampak negatif terhadap keberadaan pasar itu sendiri, yang dapat dilihat dari dua sisi yang saling mempengaruhi satu sama lain, yaitu Tata letak kios-kios menjadi tidak teratur ,Jumlah pedagang terlalu banyak tidak sesuai dengan jumlah kios dan los yang tersedia mengakibatkan para pedagang menggunakan lorong-lorong / bahu jalan /bahkan badan jala n untuk memajang barang dagangan dan berjualan, sehingga lalu-lintas orang, peralatan dan kendaraan di dalam di sekitar kawasan pasar menjadi sangat terganggu. Berkaitan dengan hal tersebut, sebagai salah satu sarana penting yang mendukung pembangunan ekonomi di Kota Bajawa, keberadaan pasar tradisional harus dibenahi. Oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Ngada mengambil kebijakan untuk memindahkan pedagang dari Pasar Inpres Bajawa ke lokasi baru yaitu ke Pasar Bobou di wilayah Kelurahan Faobata. Para pedagang mulanya menolak direlokasi ke Pasar Bobou,sehingga menyebabkan Pasar Bobou tidak ditempati. Namun perlahan Pasar Bobou mulai ditempati oleh para pedagang, meskipun belum semua pedagang lama Pasar Inpres mau menempatinya Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kepuasan pedagang terhadap sarana dan prasarana yang ada di pasar bobou.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode statistik deskriptif,deskriptif kualitatif dan metode Importance Performance Analysis (IPA).Dengan responden sebanyak 65 orang pedagang.Hasil analisa secara keseluruhan menunjukan kepuasan pedagang terhadap sarana prasarana di Pasar Bobou adalah cukup puas dengan nilai rata-rata tingkat kesesuaian 98,09%, dan sarana yang perlu di tingkatkan lagi adalah Kios,Sedangkan Sarana dan Prasarana yang dirasa telah puas dan perlu dipertahankan adalah Los, kantor pengelola dan fasilitas pembiayaan, toilet, tempat parkir, dan jaringan listrik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan,Sarana Prasarana Pasar,Pedagang
Subjects: Engineering > Area Planing Engineering (PWK)
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) S1 > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota (PWK)(Skripsi)
Depositing User: Mr Planologi planologi
Date Deposited: 23 Jan 2019 03:54
Last Modified: 06 Mar 2019 02:03
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/402

Actions (login required)

View Item View Item