PERENCANAAN ULANG ABUTMENT DAN PONDASI PADA JEMBATAN BENA BARU DI KABUPATEN BERAU KALIMANTAN TIMUR MENGGUNAKAN KLASIFIKASI JEMBATAN KELAS A

Hidayat, M.Dhian (2019) PERENCANAAN ULANG ABUTMENT DAN PONDASI PADA JEMBATAN BENA BARU DI KABUPATEN BERAU KALIMANTAN TIMUR MENGGUNAKAN KLASIFIKASI JEMBATAN KELAS A. Skripsi thesis, ITN Malang.

[img] Text
1. BAGIAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
2. BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (14kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (360kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (31kB) | Request a copy
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Untuk mewujudkan tingkat perekonomian masyarakat, Pemerintah khususnya penanganan infrastruktur, Dinas Pekerjaan umum dan Penataan Ruang Pemerintah Kabupaten Berau melaksanakan pembangunan jalan dan jembatan sebagai akses distribusi barang dan jasa di Kabupaten Berau. Jembatan Bena Baru dibangun karena belum adanya akses jalan dari Kecamatan Tanjung Redeb menuju ke Desa Bena Baru Kecamatan Sambaliung. Dengan karakteristik tanah yang berupa tanah granuler (pasir) dan memiliki kedalaman tanah keras ±20 meter, maka jenis abutment yang dianggap sesuai adalah abutment tipe kantilever dan jenis pondasi yang digunakan adalah pondasi tiang pancang pipa baja (steel pile). Didalam skripsi ini penulis memberikan alternatif perencanaan struktur atas jembatan, dengan menghilangkan seluruh pilar jembatan, dan memakai rangka baja pelengkung. Alternatif perencanaan jembatan memakai klasifikasi jembatan kelas A dengan panjang 180,00 m, lebar 9,00 m dan tinggi 26,00 m. Dari hasil perhitungan diperoleh dimensi abutment dengan tinggi 8,50 m dan lebar 8,00 m dan panjang = 14,00 m. Tulangan pada breast wall digunakan tulangan pokok D32-70, tulangan susut D25-210, dan tulangan geser D16-400 sedangakan tulangan pada pile cap digunakan tulangan pokok D32- 50, dan tulangan bagi D25-150. Pondasi yang digunakan adalah pondasi tiang pancang pipa baja Ø 90 cm, tebal 1,2 cm dengan kedalaman 20 m. Daya dukung kelompok pondasi sebesar 54663,299 kN > ΣP = 37303,50 kN. Tulangan yang digunakan untuk pondasi adalah tulangan pokok 10 D29 dengan Sengkang spiral D10-100. Hasil penurunan tiang tunggal sebesar 1,65 cm dan penurunan tiang kelompok sebesar 4,93 cm. Dapat disimpulkan bahwa desain abutment dan pondasi tiang pancang pipa baja dapat digunakan pada pembangunan Jembatan Bena Baru dengan menggunakan alternatife perencanaan yang telah di buat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: M.Dhian Hidayat (1721909)
Uncontrolled Keywords: Jembatan, Abutment, Pondasi tiang pancang pipa baja, Penulangan
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi)
Depositing User: Mr Sayekti Aditya Endra
Date Deposited: 23 Sep 2019 01:47
Last Modified: 23 Sep 2019 01:47
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/4176

Actions (login required)

View Item View Item