Yunanta, Danar Pradiktia (2017) GAME RESCUE IDOL DENGAN MENGGUNAKAN METODE FINITE STATE MACHINE (FSM). Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.
Text
Laporan Skripsi Danar.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (7MB) |
Abstract
GAME RESCUE IDOL DENGAN MENGGUNAKAN METODE FINITE STATE MACHINE (FSM) Danar Pradiktia Yunanta (13.18.047) Program Studi Teknik Informatika S-1 Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Nasional Malang Email : pradiktiadanar@gmail.com Dosen Pembimbing : 1. Suryo Adi Wibowo, ST., MT. 2. Febriana Santi Wahyuni, S.Kom., M.Kom. Abstraks Terdapat media untuk bermain game yaitu konsol game computer dan smartphone. Computer salah satunya media yang paling banyak digunakan para pengembang industri game untuk mengeluarkan produknya. Dalam game, musuh dan karakter merupakan salah satu elemen yang paling penting dalam video game, untuk menjadikan game semakin menarik, karakter dan NPC (Non Playable Character), salah satunya musuh dalam game harus dapat meniru sifat atau perilaku manusia dalam dunia nyata. Unt uk melakukan hal tersebut diperlukan kecerdasan buatan pada karakter NPC (Non Playable Character) pada musuh yaitu kecerdasan buatan FSM (Finite State Machine) yang menggunakan kecerdasan buatan FSM (Finite State Machine) pada karakter musuh agar dapat mendeteksi keberadaan player, dan juga kecerdasan buatan Fuzzy Logic yang di gunakan untuk output aksi serangan musuh terhadap player. Dalam perancangan game ini, penulis menggunakan aplikasi berupa Unity3D dengan bahasa pemrograman C#. Penulis dalam membuat game ini menerapkan metode kecerdasan buatan Finite State Machine yang menggunakan 3 hal yaitu keadaan, kejadian, dan aksi. Penulis juga menerapkan kecerdasan buatan Fuzzy logic yang digunakan pada karakter bos (Non Playable Character) untuk menentukan aksi dengan menggunakan 2 masukan berupa health point pada player dan jarak player ke bos. Dari pembuatan game yang telah dilakukan, implementasi FSM (Finite State Machine) dapat diterapkan pada game 2 dimensi bergenre adventure dengan indikasi musuh dapat mengejar dan menyerang player dengan kondisi tertentu. Kecerdasan buatan yang diterapkan pada musuh sudah berjalan seluruhnya.Semua fungsi tombol pada menu utama sudah berjalan seluruhnya.Semua fungsi tombol yang diterapkan untuk melakukan aksi pada player sudah berjalan.Pengujian game di 3 laptop yaitu Asus,Lenovo, dan Acer dan juga 2 OS yaitu windows 8 dan 10 dapat berjalan dan sesuai. Pengujian user dengan 20 orang di Malang dapat dikatakan bahwa 42% mengatakan baik, 40% mengatakan cukup, dan 18% mengatakan kurang.Pengujian cheat yang sudah dibuat dapat berjalan seluruhnya. Kata kunci : Game, Unity3D, Finite State Machine, Fuzzy Logic, NPC
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Danar Pradiktia Yunanta (13.18.047) |
Uncontrolled Keywords: | Game, Unity3D, Finite State Machine, Fuzzy Logic, NPC |
Subjects: | Engineering > Informatics Engineering |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi) |
Depositing User: | Ms Nunuk Yuli |
Date Deposited: | 16 Sep 2019 06:52 |
Last Modified: | 16 Sep 2019 06:59 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/4183 |
Actions (login required)
View Item |