Kristantyo, Claudio (2019) Studi Evaluasi Prasarana Pejalan Kaki Pada Ruas Jalan Sekitar Kampus di Kota Malang (studi kasus : ITN Malang kampus 1, Unisma, UMM kampus3),. Skripsi thesis, ITN Malang.
Abstract
Ruang gerak bebas yang terbatas membuat pejalan kaki seringkali lebih memilih untuk berjalan di bahu jalan daripada trotoar dengan maksud untuk menghindari konflik dengan pejalan kaki lainnya, yang mana dalam hal ini berpotensi mengganggu kelancaran lalu lintas serta membahayakan keselamatan pengguna jalan khususnya pejalan kaki. Hal tersebut tentu membutuhkan suatu evaluasi guna memperoleh prasarana pejalan kaki yang aman dan nyaman serta memenuhi standar yang ditetapkan dalam Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 03/PRT/M/2014 Tentang Pedoman Perencanaan, Penyediaan, dan Pemanfaatan Prasarana dan Sarana Jaringan Pejalan Kaki di Kawasan Perkotaan. Metodologi analisa data yang digunakan adalah metode survei dan metode analisis, metode Greenshield dan berdasarkan ketentuan PERMEN PU No. 03/PRT/M/2014. Penelitian ini dilakukan di pedestrians road pada ruas jalan sekitar ITN Malang kampus 1, Unisma, dan UMM kampus 3 pada 3 hari efektif kerja dimulai dari senin 10 desember 2018 sampai rabu 12 desember 2018 dengan 1 hari untuk 1 lokasi penelitian. Berdasarkan hasil analisa, karakteristik pergerakan pejalan kaki pada ruas jalan sekitar 3 lokasi studi menunjukkan nilai-nilai yang relatif kecil disebabkan oleh tren pejalan kaki yang didominasi oleh mahasiswa lebih memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi daripada berjalan kaki untuk menuju kampus masing-masing. Hubungan antara arus, kecepatan, dan kepadatan dengan menggunakan metode Greenshield pada 3 lokasi studi menunjukkan keterkaitan yang erat antar masingmasing variabel dengan harga korelasi rata-rata mendekati -1 dan +1 pada setiap hubungan antar variabel. Rencana pelebaran trotoar pada ruas jalan sekitar 3 lokasi studi sudah tidak memungkinkan dilakukan, oleh karenanya tetap pada lebar eksisting masing-masing lokasi studi. Tingkat pelayanan (Level Of Service) pedestrians road pada ruas jalan sekitar 3 kampus lokasi studi berdasarkan arus terbesar masuk dalam kategori B sedangkan berdasarkan ruang untuk pejalan kaki pada 3 kampus lokasi studi masuk dalam kategori B.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Claudio Kristantyo (1421034) |
Uncontrolled Keywords: | Pejalan Kaki, Pedestrians Road, Level Of Serrvice |
Subjects: | Engineering > Civil Engineering |
Divisions: | Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi) |
Depositing User: | Mr Sayekti Aditya Endra |
Date Deposited: | 24 Sep 2019 05:29 |
Last Modified: | 24 Sep 2019 05:29 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/4270 |
Actions (login required)
View Item |