ANALISA KEPUASAN KONSUMEN PADA PERUMAHAN SEDERHANA (Studi Kasus Pada Perumahan Villa Gunung Buring Perumahan Anggrek Dan Oma View)

POERWATI, TITIK (2012) ANALISA KEPUASAN KONSUMEN PADA PERUMAHAN SEDERHANA (Studi Kasus Pada Perumahan Villa Gunung Buring Perumahan Anggrek Dan Oma View). Masters thesis, ITN MALANG.

[img] Text
combinepdf (11).pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Titik Poerwati, 2012. Analisa Ketidak Puasan Konsumen Pada Perumahan Sederhana Di Kota Malang (Studi Kasus : Perumahan Villa Gunung Buring Dan Oma View Di Kota Malang). Pembimbing : (1) Dr. Ir. Lalu Mulyadi, MT (2) Dr. Ir. Sutanto Hidayat, MT. Berdasarkan data dari pengembang Perumahan Villa Gunung Buring dan perumahan Oma View yang berada di wilayah Kota Malang, diperoleh bahwa konsumen perumahan tersebut banyak yang mengalami ketidakpuasan terhadap produk rumah yang miliki. Oleh katena itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor apa yang mempengaruhi ketidakpuasan konsumen dalam kepemilikan Rumah Sederhana di Kota Malang dan mendapatkan faktor yang paling dominan mempengaruhinya, sehingga dapat dilakukan strategi untuk meningkatkan kepuasan konsumen dalam kepemilikan Rumah Sederhana di Kota Malang. Metodologi analisa data yang digunakan adalah analisis faktor dan analisis regresi linier berganda terhadap jawaban dari kuesioner yang disebarkan kepada 40 responden dari penghuni Perumahan Villa Gunung Buring Dan Oma View di Kota Malang. Berdasarkan hasil penelitian, dari uji F didapatkan bahwa faktor (X1), (X2), (X3), (X4) dan (X5), berpengaruh secara simultan terhadap ketidakpuasan konsumen dalam kepemilikan Rumah Sederhana di Kota Malang dengan nilai Fhitung = 7.672 > Ftabel = 2.494. Namun dari uji t secara sendiri-sendiri faktor-faktor yang mempengaruhi secara signifikan terhadap ketidakpuasan konsumen dalam kepemilikan Rumah Sederhana di Kota Malang adalah Faktor Keamanan dengan nilai thitung = 2.574 > dari ttabel = 2.032, Faktor Lingkungan dengan nilai thitung = 2.720 > dari ttabel = 2.032, Faktor Fasilitas Yang Tersedia dengan nilai thitung = 2.102 > dari ttabel = 2.032 dan Faktor Mutu Rumah dengan nilai thitung = 2.067 > dari ttabel = 2.032. Sedangkan faktor yang paling dominannya adalah faktor Lingkungan dengan nilai Koefisien β terbesar, yaitu 0.491. Oleh kerena itu Strategi yang digunakan untuk meningkatkan kepuasan konsumen adalah dengan menambah petugas kebersian dan melakukan penanaman kembali pohon-pohon yang rindang, pengembang harus bekerja sama dengan PDAM untuk memenuhi kebutuhan air bersih, embersihkan saluran air, supaya air ujan dapat mengalir dengan lancar dan menghimbau pada masyarakat sekitar lingkungan perumahan untuk selalu menjaja tata tertip lingkungan dengan baik Untuk penelitian selanjutnya diharapkan menambahkan variabel-variabel lain seperti variabel ketersediaan utilitas serta lebih memperhatikan indikator-indikator yang digunakan, sehingga lebih aplikatif guna menyempurnakan penelitian ini. Kata Kunci : Ketidakpuasan, Konsumen, Perumahan, Sederhana

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Ketidakpuasan, Konsumen, Perumahan, Sederhana
Subjects: Engineering > Chemical Engineering
Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknik Industri S2 > Teknik Industri S2(Tesis)
Depositing User: haning haning
Date Deposited: 23 Jan 2019 06:43
Last Modified: 05 Mar 2019 08:14
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/445

Actions (login required)

View Item View Item