Adiansyah, Lutfi. (2019) Analisis Karakteristik Emisi Co, Nox Dan So2 Kendaraan Roda Dua Di Tempat Parkir Kampus 1 Institut Teknologi Nasional Malang. Skripsi thesis, ITN Malang.
Abstract
ITN Malang merupakan salah satu perguruan tinggi di kota Malang, yang jumlah aktifitas akademiknya terus bertambah dan akan mempengaruhi potensi pencemaran udara melalui sumber antropogenik seperti emisi gas buang dari sektor transportasi, seperti yang kita ketahui emisi gas buang kendaraan adalah salah satu polutan udara yang memiliki tingkat toksisitas yang tinggi dan perlu adanya penanganan. Penelitian ini bertujuan (1) Menganalisis karakteristik operasional kendaraan roda dua di tempat parkir ITN Malang kampus 1, (2) Menganalisis besaran emisi Co, Nox Dan So2 sepeda motor di tempat parkir ITN Malang kampus 1, (3) Menganalisis model hubungan karakteristik sepeda motor terhadap emisi Co, Nox Dan So2 di tempat parkir ITN Malang kampus 1. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan selama 4 minggu, pengolahan data dilakukan selama kurang lebih 2 minggu dan pengambilan data dilakukan setelah jam perkuliahan, alat yang digunakan antara lain Gas Analyzer, kuisioner, kendaraan bermotor roda dua, stiker dan kamera. Data yang dibutuhkan berupa karakteristik kendaraan dan besaran emisi. Pengukuran emisi kendaraan sepeda motor menggunakan alat uji emisi (Gas Analyzer) yang dihubungkan pada alat pembuangan (Knalpot) kendaraan dalam kondisi diam (idle). Analisis data pengukuran menggunakan Microsoft Ofice Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kendaraan yang menjadi sampel pengukuran yaitu sebanyak 302 unit, berdasarkam karakteristik masing-masing kendaraan, untuk umur yang paling mendominasi yaitu dengan umur 3-5 tahun sebesar 97 unit, 79 unit kendaraan yang memiliki kapasitas silinder 125 cc, 71 unit kendaraan yang memiliki jenis mesin matik, sistem pembakaran injeksi dan bahan bakar pertamax, 216 unit kendaraan dengan kategori perawatan kadang-kadang dan kendaraan bermotor yang memiliki panjang perjalanan tertinggi yaitu sepanjang 171.567 km. Karakteristik kendaraan roda dua (umur kendaraan, panjang perjalanan, sistem pembakaran, perawatan kendaraan dan kapasitas silinder) mempengaruhi besaran emisi CO dan SO2 yang dihasilkan oleh kendaraan roda dua, sedangkan NOx tidak selalu berpengaruh. Pada model hubungan karakteristik kendaraan roda dua terhadap besaran emisi menunjukan bahwa model polynomial memberikan nilai R2 yang paling baik diantara model lainnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | LUTFI ARDIANSYAH ABDURRAHIM (1526025) |
Uncontrolled Keywords: | CO, NOx dan SO2, ITN Malang, kendaraan roda dua, kondisi diam (idle) |
Subjects: | Engineering > Environmental Engineering |
Divisions: | Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Lingkungan S1 > Teknik Lingkungan S1(Skripsi) |
Depositing User: | Mr Sayekti Aditya Endra |
Date Deposited: | 09 Dec 2019 05:28 |
Last Modified: | 09 Dec 2019 05:28 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/4500 |
Actions (login required)
View Item |