FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMILIHAN SEPEDA MOTOR BERDASARKAN PSIKOGRAFIS (Studi Kasus Pada Warga Kota Malang

laksmana, Dimas indra (2006) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMILIHAN SEPEDA MOTOR BERDASARKAN PSIKOGRAFIS (Studi Kasus Pada Warga Kota Malang. Masters thesis, itn malang.

[img] Text
Untitled(1).pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Dimas Indra Laksmana, 2006, Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Sepeda Motor Berdasarkan Psikografis (Studi Kasus Pada Warga Kota Malang). Tesis, Program Studi Teknik Industri, Program Pascasarjana ITN Malang, Pembimbing: (I) Ir. Fuad Achmadi, M.Sc, Ph.D., (II) Ir. H. Julianus Hutabarat, MSIE. Kata Kunci: Prilaku Konsumen, Psikografis/Gaya Hidup, Bauran Pemasaran Alat transportasi sangat penting fungsinya karena akan sangat menunjang kegiatan dalam beraktivitas sehari-hari, salah satunya adalah sepeda motor. Adanya kebijakan pemerintah terhadap kenaikan BBM menimbulkan harga transportasi umum cukup mahal, para pengguna transportasi umum atau yang biasa menggunakan mobil lebih memilih membeli sepeda motor dari pada harus membayar mahal angkutan umum dan menghemat biaya BBM. Persaingan yang meningkat membuat industri otomotif roda dua untuk menghasilkan produk alat tranportasi semakin mengarahkan pada sistem perekonomian Indonesia ke mekanisme pasar yang memposisikan pemasar untuk selalu mengembangkan dan saling bersaing merebutkan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pemakaian sepeda motor berdasarkan bauran pemasaran, untuk mengetahui tipe gaya hidup warga Kota Malang, untuk mengetahui hubungan ketergantungan antara latar belakang konsumen dengan tipe gaya hidup yang terbentuk dalam hal pemilihan sepeda motor dan apakah ada perbedaan faktor yang mempengaruhi pemilihan sepeda motor berdasarkan tipe gaya hidup yang terbentuk. Penelitian ini termasuk kategori penelitian deskriptif. Sample penelitian didasarkan pada metode nonprobabilty sampling (purposive sampling) dengan jumlah 150 orang responden. Sedangkan data yang terkumpul diolah dengan analisis diskriptif, analisis gaya hidup dan analisis crosstab, dan analisis arimetic mean. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Faktor yang sangat mempengaruhi pemilihan sepeda motor pada warga Kota Malang adalah faktor lokasi (place). (2) Terbentuk tiga gaya hidup yaitu Established Confident, The Savvy Conqueror, dan The spontaneous Fun Loving. (3) Terdapat empat variabel yang terdapat hubungan antara gaya hidup yang terbentuk dengan latar belakang responden yaitu usia, pekerjaan, rata-rata pengeluaran tiap bulan, dan alasan membeli. (4) Terdapat perbedaan faktor-faktor yang mempengaruhi wara Kota Malang dalam pemilihan sepeda motor berdasargan tipe gaya hidup yang terbentuk yaitu lokasi dan produk.s

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Prilaku Konsumen, Psikografis/Gaya Hidup, Bauran Pemasaran
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknik Industri S2 > Teknik Industri S2(Tesis)
Depositing User: SAP Haning Tri Novianti
Date Deposited: 23 Jan 2019 08:01
Last Modified: 05 Mar 2019 08:15
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/451

Actions (login required)

View Item View Item