Penerapan Algoritma A* Untuk Pencarian Rute Terdekat Pada Permainan Berbasis Ubin (Tile Based Game)

Wahyuni, Febriana Santi and Mantja, Sandy Nataly (2016) Penerapan Algoritma A* Untuk Pencarian Rute Terdekat Pada Permainan Berbasis Ubin (Tile Based Game). In: SEMINAR NASIONAL INOVASI DAN APLIKASI TEKNOLOGI DI INDUSTRI (SENIATI) 2016, Institut Teknologi Nasional Malang.

[img] Text (pereview)
Untitled.pdf

Download (731kB)
[img] Text (ujipalgiasi)
cek plagiasi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
prosiding seniati_compressed.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penggunaan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) pada sebuah permainan bertujuan untuk membuatnya lebih menarik. Beberapa jenis kecerdasan buatan dapat diterapkan pada sebuah game, salah satunya yaitu algoritma pathfinding yang merupakan kecerdasan buatan yang dapat menemukan lintasan terpendek. Salah satu algoritma pathfinding yang seringkali digunakan adalah Algoritma A*. Algoritma A*(AStar) merupakan algoritma Best First Search yang menggabungkan Uniform Cost Search dan Greedy Best-First Search. Cost yang diperhitungkan didapat dari cost sebenarnya ditambah dengan cost perkiraan. Dengan perhitungan cost seperti ini, algoritma A*(AStar) dapat optimal dan lengkap dalam menentukan jalur. Permainan berbasis ubin merupakan permainan yang menggunakan ubin (tile) sebagai salah satu elemen dasar dalam permainan. Dimana gambargambar background game yang terlalu besar dipotong menjadi kotak-kotak kecil seperti ubin atau dikenal dengan istilah tiles. Selanjutnya potongan-potongan map tersebut akan dipanggil ke dalam game dengan fungsi array untuk membentuk pola map game. Berdasarkan hasil pengujian algoritma A*(AStar) yang digunakan pada game ini teruji 100% efektif untuk menemukan jalur terpendek dari pergerakan objek dalam game. Pengujian heuristik pada algoritma A*(AStar), jalur terpendek yang ditemukan adalah sama, namun rute yang di gunakan dari tiap heuristik berbeda

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Artificial Intelligent, Pathfinding, Algoritma A*, Tile Based Game
Subjects: Engineering > Informatics Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1
Depositing User: Mr Sayekti Aditya Endra
Date Deposited: 13 Jan 2020 02:53
Last Modified: 22 Feb 2020 01:35
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/4526

Actions (login required)

View Item View Item