Prasetiyo, Agung Sugih (2020) AUGMENTED REALITY SENYAWA KIMIA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAGI SISWA SMA BERBASIS ANDROID. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.
Abstract
ABSTRAK Pembelajaran ilmu kimia di dunia pendidikan merupakan aspek yang sangat penting untuk dipelajari, pada umumnya pembelajaran kimia dilakukan melalui buku dan penyampaian oleh guru. Metode tersebut dirasa kurang efektif dan efisien dalam menumbuhkan minat belajar siswa, terutama pada pelajaran kimia yang memerlukan tingkat pemahaman yang tinggi. Oleh karena itu, perlu dikembangkan suatu metode yang menjadi inovasi di bidang teknologi dalam meningkatkan minat belajar kimia siswa SMA. Salah satu metode yang dapat dikembangkan adalah media pembelajaran Augmented Reality yang berbasis Android. Augmented Reality adalah objek tiga dimensi yang bersifat maya dengan penggabungan dengan objek tiga dimensi yang bersifat nyata secara realtime. Dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality sebagai media pembelajaran senyawa kimia, diharapkan dapat menambah minat belajar siswa serta membantu siswa dalam memahami bentuk dari senyawa kimia yang digambarkan secara 3 dimensi. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah aplikasi Augmented Reality Senyawa Kimia berbasis Android dapat digunakan sebagai media pembelajaran siswa SMA. Marker yang digunakan dapat mendeteksi dengan baik pada kemiringan 0° – 60°, rentang jarak 20 cm - 40 cm serta pada intensitas cahaya lebih dari 23,6 lux. Kata Kunci : Senyawa Kimia, Augmented Reality, Android, Media Pembelajaran
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Agung Sugih Prasetiyo (1618117) |
Uncontrolled Keywords: | Senyawa Kimia, Augmented Reality, Android, Media Pembelajaran |
Subjects: | Engineering > Informatics Engineering |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi) |
Depositing User: | Ms Nunuk Yuli |
Date Deposited: | 30 Jan 2020 05:19 |
Last Modified: | 30 Jan 2020 05:19 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/4555 |
Actions (login required)
View Item |