MENENTUKAN JUMLAH TELLER DALAM UPAYA MENGURANGI WAKTU TUNGGU NASABAH DAN BIAYA (Studi Kasus pada PT. Bank ABC Kantor Cabang Malang

PUSPANEGARA,, ELLA LEVANA (2020) MENENTUKAN JUMLAH TELLER DALAM UPAYA MENGURANGI WAKTU TUNGGU NASABAH DAN BIAYA (Studi Kasus pada PT. Bank ABC Kantor Cabang Malang. Masters thesis, ITN MALANG.

[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (304kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (167kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (263kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (89kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
JURNAL INTERNASIONAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (269kB) | Request a copy

Abstract

Perusahaan yang bergerak di bidang jasa layanan, seperti perbankan membutuhkan suatu manajemen operasional yang lebih baik dari sistem telah dimiliki sebelumnya. Salah satu masalah yang sering muncul dalam industri perbankan ialah permasalahan mengenai waktu antrian. Masalah antrian timbul ketika jumlah fasilitas pelayanan jasa lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah orang yang memerlukan pelayanan. Dalam penelitian ini PT. Bank ABC mencoba untuk menjadwalkan sistem antrian dengan mengubah jumlah loket pelayanan. Pengumpulan data dengan mengamati secara langsung terhadap objek penelitian dan diolah menggunakan software ARENA. Secara analisis, data yang didapatkan sebagai berikut, Customer Number in sejumlah (875, 856, 856, 856, 856) dan number out sejumlah (826, 850, 851, 851, 851). Flow time (menit) (14.094, 12.024, 12.930, 10.644, 14.472) dan waiting time (menit) (14.094, 2.395, 2.870, 2.862, 2.862). Number waiting dalam jumlah orang (22, 1, 1, 0, 0, 0) dan jumlah biaya (Rp 21.829.380,- , Rp 21.861.630,- , Rp 21.861.200,- , Rp 21.861.630,- , Rp 21.861.200,- , Rp 21.862.060,-). Didapatkan gambaran pemakaian waktu tunggu dengan hasil yang baik untuk setiap customer dan jumlah biaya yang dikeluarkan. Jumlah teller yang dibutuhkan pada sistem saat ini cukup dengan 6 teller. Kata Kunci : Perusahaan, bank, layanan, waktu antrian, jumlah antrian, teller, customer, jumlah biaya

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Perusahaan, bank, layanan, waktu antrian, jumlah antrian, teller, customer, jumlah biaya
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknik Industri S2 > Teknik Industri S2(Tesis)
Depositing User: haning haning
Date Deposited: 17 Feb 2020 03:21
Last Modified: 17 Feb 2020 03:21
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/4692

Actions (login required)

View Item View Item