PUSPANEGARA,, ELLA LEVANA (2020) MENENTUKAN JUMLAH TELLER DALAM UPAYA MENGURANGI WAKTU TUNGGU NASABAH DAN BIAYA (Studi Kasus pada PT. Bank ABC Kantor Cabang Malang. Masters thesis, ITN MALANG.
Abstract
Perusahaan yang bergerak di bidang jasa layanan, seperti perbankan membutuhkan suatu manajemen operasional yang lebih baik dari sistem telah dimiliki sebelumnya. Salah satu masalah yang sering muncul dalam industri perbankan ialah permasalahan mengenai waktu antrian. Masalah antrian timbul ketika jumlah fasilitas pelayanan jasa lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah orang yang memerlukan pelayanan. Dalam penelitian ini PT. Bank ABC mencoba untuk menjadwalkan sistem antrian dengan mengubah jumlah loket pelayanan. Pengumpulan data dengan mengamati secara langsung terhadap objek penelitian dan diolah menggunakan software ARENA. Secara analisis, data yang didapatkan sebagai berikut, Customer Number in sejumlah (875, 856, 856, 856, 856) dan number out sejumlah (826, 850, 851, 851, 851). Flow time (menit) (14.094, 12.024, 12.930, 10.644, 14.472) dan waiting time (menit) (14.094, 2.395, 2.870, 2.862, 2.862). Number waiting dalam jumlah orang (22, 1, 1, 0, 0, 0) dan jumlah biaya (Rp 21.829.380,- , Rp 21.861.630,- , Rp 21.861.200,- , Rp 21.861.630,- , Rp 21.861.200,- , Rp 21.862.060,-). Didapatkan gambaran pemakaian waktu tunggu dengan hasil yang baik untuk setiap customer dan jumlah biaya yang dikeluarkan. Jumlah teller yang dibutuhkan pada sistem saat ini cukup dengan 6 teller. Kata Kunci : Perusahaan, bank, layanan, waktu antrian, jumlah antrian, teller, customer, jumlah biaya
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Perusahaan, bank, layanan, waktu antrian, jumlah antrian, teller, customer, jumlah biaya |
Subjects: | Engineering > Industrial Engineering |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknik Industri S2 > Teknik Industri S2(Tesis) |
Depositing User: | haning haning |
Date Deposited: | 17 Feb 2020 03:21 |
Last Modified: | 17 Feb 2020 03:21 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/4692 |
Actions (login required)
View Item |