Jangkauan pelayanan pasar tawangmangu dilihat dari aspek – aspek yang mempengaruhi Studi kasus : kec. Lowokwaru, kota malang

Rengka, Albertus Joshua Valdag (2017) Jangkauan pelayanan pasar tawangmangu dilihat dari aspek – aspek yang mempengaruhi Studi kasus : kec. Lowokwaru, kota malang. Skripsi thesis, ITN Malang.

[img] Text
Untitled(3).pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pasar Tawangmangu merupakan salah satu pasar tradisional yang terletak pada Kelurahan Lowokwaru, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang. Pasar Tawangmangu didirikan pada tahun 1979 dan pernah dilakukan revitalisasi pada tahun 1993. Luas lahan yang dimiliki Pasar Tawangmangu adalah 20.000 m2 dan memiliki luas bangunan seluas 3.192 m2 dan tergolong kelompok pasar kelas 1. Setiap pasar tradisional tentunya mempunyai fungsi sebagai salah satu prasarana yang dimana pasar sendiri adalah tempat manusia berinteraksi satu dengan yang lain, dalam hal ini aktivitas perekonomian. Salah satu fungsi dari pasar adalah fungsi pelayanan. Maksud dari fungsi pelayanan disini adalah seberapa sering, dan sejauh mana fungsi pasar tersebut digunakan. Untuk mengetahui aktivitas perdagangan dan sejauh mana jangkauan pelayanan Pasar Tawangmangu, maka perlu dilakukan analisa untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Analisa yang digunakan adalah analisa deskriptif kualitatif, analisa sosiogram, dan yang terakhir adalah analisa mapping. Berdasarkan hasil analisa yang telah dilakukan, aktivitas perdagangan pada Pasar Tawangmangu memiliki dua kriteria pembeli. Pembeli dengan kriteria untuk di konsumsi secara pribadi atau individu, dan pembeli dengan kriteria kulakan atau menjual kembali barang yang dibeli pada tempat yang berbeda yang dimana sebagian besar menjual pada lokasi tempat tinggalnya atau berdekatan dengan tempat tinggalnya. Selain itu, diketahui bahwa ada beberapa aspek yang mempengaruhi masyarakat untuk lebih memilih berbelanja pada Pasar Tawangmangu, yaitu: jarak pasar yang mudah dijangkau masyarakat, harga lebih murah, hubungan kekerabatan, dan jenis jualan yang tidak dimiliki pasar lain. Sedangkan untuk hasil analisa jarak jangkauan pelayanan Pasar Tawangmangu mendapat tiga tingkatan jangkauan pelayanan, yaitu pelayanan jarak terdekat, pelayanan jarak menengah, dan pelayanan jarak terjauh. Untuk pelayanan jarak pelayanan terdekat, hasil yang didapat dari analisa adalah 100 meter, jarak pelayanan menengah 333 meter, dan jarak pelayanan terjauh 1100 meter (1,1 km).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Engineering > Area Planing Engineering (PWK)
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) S1 > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota (PWK)(Skripsi)
Depositing User: Mr Sayekti Aditya Endra
Date Deposited: 24 Jan 2019 02:37
Last Modified: 06 Mar 2019 02:16
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/470

Actions (login required)

View Item View Item