PENERAPAN ALGORITMA K-MEANS UNTUK SEGMENTASI KONSUMEN MENGGUNAKAN R

Auliasari, Karina and Kertaningtyas, Mariza (2019) PENERAPAN ALGORITMA K-MEANS UNTUK SEGMENTASI KONSUMEN MENGGUNAKAN R. JTMI Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika, 5 (2). ISSN 2580-8044 (Submitted)

[img] Text
Paper 10 Bu Karina Informatika.pdf

Download (896kB)
[img] Text (Ujiplagiasi)
Cek Similarity Paper 10 Bu Karina Informatika.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Pereview)
Peer Review Paper 10 Bu Karina Informatika.pdf

Download (1MB)

Abstract

Means merupakan salah satu teknik analisis data yang digunakan untuk mengelompokkan konsumen berdasarkan beberapa variabel, dimana teknik ini menjadi sangat handal ketika konsumen berinteraksi dengan produk yang ditawarkan. Teknik ini juga membantu perusahaan dalam memodelkan hubungan antara kecenderungan produk yang dibeli konsumen yang mungkin tidak diperhatikan oleh pihak perusahaan sebelumnya. Dengan demikian, penelitian ini berfokus pada penargetan konsumen yang menguntungkan dengan analisis cluster dan upaya untuk mengklasifikasikan konsumen dari perusahaan berdasarkan karakteristiknya menggunakan algoritma K-Means menggunakan bahasa pemrograman R. Dari hasil cluster dataset konsumen PT. Super Sukses Niaga pada tahun 2018 menunjukkan bahwa konsumen yang paling berpotensial ada pada cluster 2, di mana cluster 2 memiliki nilai rata-rata Total_Belanja_Setahun paling tinggi yaitu 4198.6656. Pada cluster 2 ini konsumen didominasi oleh jenis usaha PT karena nilai rata-rata Jenis.1 bernilai 1.667 yang mendekati nilai 2 (di mana nilai 2 merupakan label untuk jenis usaha PT). Hal serupa juga dihasilkan dari nilai rata-rata Lokasi.1 pada cluster 2 yang bernilai 1.667 yang mendekati nilai 2 (di mana nilai 2 merupakan label untuk lokasi pulau Kalimantan). Oleh karena itu, dapat disimpulkan konsumen yang memiliki nilai tinggi dalam melakukan transaksi adalah PT. BIS INDUSTRI, PT. REA KALTIM dan CV. MEDCO MINING pada cluster 2. Kata Kunci: Segmentasi, Konsumen, K-Means, R.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Segmentasi, Konsumen, K-Means, R
Subjects: Engineering > Informatics Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1
Depositing User: Mr Sayekti Aditya Endra
Date Deposited: 26 Jun 2020 02:36
Last Modified: 26 Jun 2020 03:11
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/4857

Actions (login required)

View Item View Item