Penentuan Status Mutu Air Sungai Mbabar Dengan Menggunakan Metode Indeks Pencemaran Di Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang

Amalia, Nurul Ilmi (2018) Penentuan Status Mutu Air Sungai Mbabar Dengan Menggunakan Metode Indeks Pencemaran Di Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang. Skripsi thesis, ITN MALANG.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (391kB)
[img] Text
1426035.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)
[img] Text
JURNAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (605kB)

Abstract

Sungai Mbabar merupakan salah satu sungai yang melintasi Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang sepanjang 8,51 km yang keberadaannya masih dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti MCK. Dari pemanfaatan tersebut, menyebabkan terjadinya penurunan kualitas air pada Sungai Mbabar. Penelitian ini bertujuan untuk menetapkan status mutu dan mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi kualitas air Sungai Mbabar di Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang. Parameter yang dianalisis adalah fisika, kimia dan biologi. Hasil analisa kualitas air yang diperoleh akan dibandingkan dengan standar baku mutu air kelas II berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2001. Untuk analisis status mutu air Sungai Mbabar menggunakan metode Indeks Pencemaran. Status mutu Sungai Mbabar dari segmen 1 sampai segmen 5 adalah dalam kondisi cemar ringan dengan nilai Indeks Pencemaran ≤ 5,0. Adapun nilai Indeks Pencemaran pada masing-masing segmen yaitu segmen 1 sebesar 4,01, segmen 2 sebesar 3,92, segmen 3 sebesar 4,07, segmen 4 sebesar 4,51 dan segmen 5 sebesar 4,33. Dari hasil uji kualitas air Sungai Mbabar dan hasil tabulasi kuesioner, yang berpengaruh besar terhadap penurunan kualitas Sungai Mbabar pada segmen 1 yaitu dari aktifitas permukiman sebesar 86 %. Pada segmen 2 penurunan kualitas air sungai disebabkan oleh adanya aktifitas permukiman sebesar 90,7 %. Pada segmen 3 penurunan kualitas air sungai disebabkan oleh adanya aktifitas pertanian sebesar 85 %. Pada segmen 4 penurunan kualitas air disebabkan oleh adanya aktifitas pertanian sebesar 65 %, dan pada segmen 5 penurunan kualitas air disebabkan oleh adanya aktifitas pertanian sebesar 75 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sungai Mbabar, Kualitas Air, Baku Mutu dan Metode Indeks Pencemaran
Subjects: Engineering > Environmental Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Lingkungan S1 > Teknik Lingkungan S1(Skripsi)
Depositing User: Ms Retno Wulansari
Date Deposited: 24 Jan 2019 02:35
Last Modified: 24 Jan 2019 02:35
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/493

Actions (login required)

View Item View Item