IMPLEMENTASI FINITE STATE MACHINE SEBAGAI KONTROL UNTUK NON PLAYER CHARACTER PADA GAME LASTRI AND THE LAST TREE

Sakrani, Fikriadi (2020) IMPLEMENTASI FINITE STATE MACHINE SEBAGAI KONTROL UNTUK NON PLAYER CHARACTER PADA GAME LASTRI AND THE LAST TREE. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional.

[img] Text
BAB Awal.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (561kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (77kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (192kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (727kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (32kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (91kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (932kB)

Abstract

Pada masa pandemi covid-19 setiap orang diharuskan untuk tetap tinggal dirumah demi mengurangi penyebaran virus tersebut.Tentu saja hanya berdiam diri dapat menimbulkan kejenuhan bagi setiap orang, maka dibutuhkan beberapa aktifitas kecil atau hiburan saat berada dirumah seperti olahraga ringan, menonton, maupun bermain game.saat ini game merupakan sarana hiburan yang paling diminati oleh setiap kalangan, mulai dari anak – anak, remaja, maupun orang dewasa. Tentu setiap kalangan tersebut memiliki alasan dan selera masing – masing tentang jenis atau genre game yang dimainkan. Namun dalam sebuah game tidak hanya berfungsi sebagai media hiburan saja, beberapa pesan atau pelajaran bisa didapatkan dari bermain game, seperti bagaimana perjuangan suatu karakter yang tidak pernah menyerah menghadai rintangan atau musuh – musuhnya demi mencapai tujuannya, melatih kemampuan berfikir dalam mengambil keputusan dalam situasi yang sulit, serta dapat mengasah kereatifitas. Dalam perancangangame ini, penulis menggunakangame engineUnity3Ddengan bahasa pemrograman C#.Dalam pembuatan game ini menerapkan metode kecerdasan buatan Finite State Machine yang menggunakanmenentukan aksi dengan jarak player ke musuh.FSM memiliki prinsip kerja yang terdiri dari tiga hal berikut :State (Keadaan), Event (Kejadian), Action (Aksi) sehingga digunakan sebagai metode pada game. Hasil pengujian game Lastri And The Last Tree yang telah dilakukan menunjukan bahwa fungsi yang terdapat pada game dari menu utama hingga level 1, level 2, dan level 3 dapat berhasil. Metode kecerdasan buatan Finite State Machine yang diterapkan pada musuh, dapat mendeteksi keberadaan player dan menghasilkan output yang dapat menentukan aksi apa yang akan dilakukan oleh musuh. Tombol Controller untuk setiap aksi pada player berfungsi dengan baik dan mudah untuk digunakan.Mendapatkan timbal balik yang baik dari para penguna.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Fikriadi Sakrani (1318078)
Uncontrolled Keywords: Finite State Machine, NPC, game, kecerdasan buatan, Unity 3D
Subjects: Engineering > Informatics Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi)
Depositing User: Ms Nunuk Yuli
Date Deposited: 28 Aug 2020 03:59
Last Modified: 28 Aug 2020 03:59
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/4965

Actions (login required)

View Item View Item