Pemanfaatan Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran mengenai Peralatan Konstruksi dalam Dunia Pendidikan Berbasis Android

Firdanu, Rizha (2020) Pemanfaatan Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran mengenai Peralatan Konstruksi dalam Dunia Pendidikan Berbasis Android. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional.

[img] Text
1618077_COVER - RIZHA FIRDANU.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (479kB)
[img] Text
1618077_BAB I - RIZHA FIRDANU.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (17kB)
[img] Text
1618077_BAB II - RIZHA FIRDANU.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (739kB) | Request a copy
[img] Text
1618077_BAB III - RIZHA FIRDANU.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (175kB) | Request a copy
[img] Text
1618077_BAB IV - RIZHA FIRDANU.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
1618077_BAB V - RIZHA FIRDANU.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6kB) | Request a copy
[img] Text
1618077_DAFTAR PUSTAKA - RIZHA FIRDANU.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (123kB)
[img] Text
1618077_LAMPIRAN - RIZHA FIRDANU.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (727kB) | Request a copy

Abstract

Pemanfaatan Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran mengenai Peralatan Konstruksi dalam Dunia Pendidikan Berbasis Android Rizha Firdanu Teknik Informatika – ITN Malang E-mail : 1618077@scholar.itn.ac.id ABSTRAK Pembangunan di bidang konstruksi saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat. Hal ini tidak lepas dari tuntutan dan kebutuhan masyarakat terhadap infrastruktur yang semakin maju. Untuk menunjang pembangunan di bidang konstruksi dibutuhkan bermacam-macam alat berat. Pengembangan media pembelajaran mengenai peralatan konstruksi tentu sangat dibutuhkan sehingga pengenalan peralatan konstruksi dapat disajikan dalam bentuk yang lebih atraktif. Media pembelajaran berupa pengenalan peralatan konstruksi saat ini telah memungkinkan untuk di buat dalam bentuk aplikasi yang menggunakan teknologi Augmented Reality (AR). Augmented Reality adalah teknologi yang dapat menggabungkan dunia maya dan nyata yang diproyeksikan menggunakan alat elektronik secara real time. Dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR) untuk membuat aplikasi pengenalan alat konstruksi menggunakan metode marker based tracking. Marker sendiri adalah image target untuk mengenali objek dan informasi. Hasil penelitian ini berupa aplikasi pengenalan alat konstruksi, yang bertujuan sebagai media untuk meningkatkan minat belajar siswa. Marker yang terdeteksi akan menampilkan objek(alat konstruksi) yang dilengkapi dengan informasi dalam bentuk text dan audio. Objek pada aplikasi pengenalan alat konstruksi berjumlah 33 objek dan telah dilakukan pengujian user atau kuisoner kepada 10 orang responden dan 5 orang dari anak smk dan mendaptkan hasil penilaian 62 poin baik dan 12 point cukup baik. Kata Kunci : Alat konstruksi, Augmented Reality, Vuforia, Android, Unity.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Rizha Firdanu (1618077)
Uncontrolled Keywords: Alat konstruksi, Augmented Reality, Vuforia, Android, Unity.
Subjects: Engineering > Informatics Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi)
Depositing User: Ms Nunuk Yuli
Date Deposited: 03 Sep 2020 04:42
Last Modified: 03 Sep 2020 04:42
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/5007

Actions (login required)

View Item View Item