Muttakin, Muhammad Yoga Adliyani Muttakin (2020) GAME TURN-BASED ROLE PLAYING GAME (TURN-BASED RPG) “GRAND LINE” DENGAN UNITY GAME ENGINE BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE HIERARCHIAL DYNAMIC SCRIPTING. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional.
Text
1618085_AWAL - Muhammad Yoga Adliyani Muttakin.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
|
Text
1618085_BAB I - Muhammad Yoga Adliyani Muttakin.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (420kB) |
|
Text
1618085_BAB II - Muhammad Yoga Adliyani Muttakin.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (570kB) | Request a copy |
|
Text
1618085_BAB III - Muhammad Yoga Adliyani Muttakin.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
1618085_BAB IV - Muhammad Yoga Adliyani Muttakin.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (911kB) | Request a copy |
|
Text
1618085_BAB V - Muhammad Yoga Adliyani Muttakin.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (388kB) | Request a copy |
|
Text
1618085_DAFTAR PUSTAKA - Muhammad Yoga Adliyani Muttakin.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (269kB) |
|
Text
1618085_LAMPIRAN - Muhammad Yoga Adliyani Muttakin.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
GAME TURN-BASED ROLE PLAYING GAME (TURN-BASED RPG) “GRAND LINE” DENGAN UNITY GAME ENGINE BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE HIERARCHIAL DYNAMIC SCRIPTING Muhammad Yoga Adliyani Muttakin Teknik Informatika – ITN Malang E-mail : yoga.oto68@gmail.com ABSTRAK Game saat ini sudah menjadi alternatif hiburan untuk berbagai kalangan, dari yang muda hingga dewasa. Industri dan bisnis pengembangan game juga merupakan bisnis yang cukup menguntungkan. Dalam perkembangan game saat ini, banyak hadir berbagai macam genre game seperti action, simulasi, role playing game, petualangan, dan masih banyak lagi. Saat ini banyak game yang menggunakan genre RPG seperti dota, final fantasy, suikoden, dan lainnya, dan terbukti game tersebut memiliki banyak penggemar dan sangat populer di kalangan pencinta game. Role playing game (RPG) sendiri adalah genre game yang memiliki unsur cerita yang kompleks dan seni peran yang membuat seseorang merasa seperti menjadi seorang tokoh pada game tersebut. Game berdasarkan genre RPG belangsung dalam satu set dunia realistis dalam waktu tertentu seperti abad pertengahan dan masa depan atau dalam dunia fantasi yang tidak dekat dengan kenyataan. Pemain memainkan karakter yang diwakili oleh avatar dan pemain diharuskan menyelesaikan berbagai macam quest sepanjang permainan. Perkembangan Artificial Intelligence (AI) saat ini berkembang saat pesat terbukti dari banyaknya macam jenis AI yang telah di kembangkan, salah satunya adalah Adaptive AI. Adaptive AI sendri merupakan AI yang dimana komputer dapat beradaptasi dengan perkembangan yang ada dalam game sehingga dapat mengubah tingkat kesulitan game secara berskala. Salah satu cabang dalam Adaptive AI adalah Hierarchial Dynamic Scripting. Metode Hierarchial Dynamic Scripting (HDS) merupakan metode pengembangan dari Dyanamic Scripting dengan mengadaptasi arsitektur Hierarchial Task Network untuk membentuk sebuah tree. tahapan pada vi modul HDS memiliki kesamaan dengan tahapan dalam metode Dyanamic Scripting. Tahapan tersebut adalah script generating, perform, dan evaluation. Hasil dari penelitian ini berupa sebuah aplikasi game dengan genre RPG, yang bertujuan sebagai media hiburan. Game ini juga bertujuan untuk mengenalkan beberapa legenda yang ada di Indonesia. Media pengenalan ini memakai karakter yang dimana legenda yang dikenalkan di dalam game dibuat sebagai musuh. Kata Kunci : Game, Android, Unity, RPG, Nyi Roro Kidul, Hierarchial Dynamic Sripting, Artificial Intelligence, Adaptive Artificial Intelligence.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | MUHAMMAD YOGA ADLIYANI MUTTAKIN (16.18.085) |
Uncontrolled Keywords: | Game, Android, Unity, RPG, Nyi Roro Kidul, Hierarchial Dynamic Sripting, Artificial Intelligence, Adaptive Artificial Intelligence. |
Subjects: | Engineering > Informatics Engineering |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi) |
Depositing User: | Ms Nunuk Yuli |
Date Deposited: | 09 Sep 2020 03:01 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:01 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/5042 |
Actions (login required)
View Item |