PENENTUAN LOKASI LANDMARK GUNA MENINGKATKAN CITRA KOTA DI KECAMATAN KELAPA LIMA DAN OEBOBO KOTA KUPANG

Ndolu, Ade Jelita (2018) PENENTUAN LOKASI LANDMARK GUNA MENINGKATKAN CITRA KOTA DI KECAMATAN KELAPA LIMA DAN OEBOBO KOTA KUPANG. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.

[img] Text
JURNAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (878kB)
[img] Text
skripsi.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (41MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Perkembangan dan pembangunan disetiap kota yang semakin maju dan berubah seiringnya waktu membuat kota mengalami krisis identitas. Identitas kota berbicara bagaimana seseorang mampu memberikan gambaran / image/ citra dari kota tersebut.. Melihat hal ini Kota Kupang sebagai ibukota provinsi NTT yang memiliki kedudukan yang strategis membutuhkan citra agar lebih mudah tergambarkan dan mudah dikenal. Landmark adalah salah satu elemen penting pembentuk citra karena menjadi titik orientasi seseorang disuatu kota. Tujuan penelitian ini menentukan lokasi landmark untuk meningkatan citra kota. Penelitian ini menggunakan dua pendekatan yaitu berdasarkan landmark yang ada di wilayah penelitian dan diketahui stakeholder berdasarkan hasil peta mental dan penilaian secara visual. Adapun data yang digunakan berupa data primer yaitu observasi lapangan dan peta mental yang kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif dan penilaian/ skoring.Landasan teori yang digunakan adalah teori urban design,citra kota, landmark dan prinsip desain. Berdasarkan analisa data yang dilakukan dihasilkan 30 lokasi landmark yang dilihat berdasarkan landmark eksisting , pola jaringan jalan, lokasi potensial, jarak optimum dan sudut pandang. 30 lokasi landmark yang kemudian diklasifikasikan berdasarkan ketinggian dengan jumlah 5 lokasi berkategori tinggi, 16 lokasi kategori ketinggian sedang dan 8 lokasi berkategori ketinggian rendah yang dihasilkan dari jarak optimum untuk menjangnkau lokasi dan sudut pandang normal dengan demikian lokasi landmark yang sudah ditentukan dan ketingian landmark yang dikembangkan maka kota akan menjadi lebih tergambarakan dan mudah dikenal. Kata Kuci :Lokasi Landmark dan Citra Kota

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Lokasi Landmark dan Citra Kota
Subjects: Engineering > Area Planing Engineering (PWK)
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) S1 > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota (PWK)(Skripsi)
Depositing User: Mr Eddy Supriadi
Date Deposited: 24 Jan 2019 03:51
Last Modified: 06 Mar 2019 01:32
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/522

Actions (login required)

View Item View Item