Uji efektifitas Zeolite, Gerabah, dan Karbon Aktif sebagai Media Roughing Filter aliran Horizontal dalam Menurunkan Kadar BOD, TSS dan Minyak Lemak pada Limbah Domestik

Aplugi, Yoel Dannis (2017) Uji efektifitas Zeolite, Gerabah, dan Karbon Aktif sebagai Media Roughing Filter aliran Horizontal dalam Menurunkan Kadar BOD, TSS dan Minyak Lemak pada Limbah Domestik. Skripsi thesis, ITN Malang.

[img] Text
Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Limbah cair domestik (rumah tangga) adalah air yang telah dipergunakan yang berasal dari rumah tangga atau pemukiman termasuk didalamnya air buangan yang berasal dari WC, kamar mandi, tempat cuci, dan tempat memasak. Membuang limbah cair domestik ke saluran drainase dan/atau badan air tanpa adanya pengolahan terlebih dahulu dapat menyebabkan penurunan kualitas air yang cukup berarti. Maka dilakukan penelitian pengolahan limbah domestik dengan menggunakan zeolite, gerabah, dan karbon aktif agar dapat dijadikan teknologi alternatif yang efisien, ekonomis dan aplikatif dalam pengolahan air bersih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas, ketinggian variasi media, dan waktu operasional reaktor roughing filter aliran horizontal dalam menurunkan konsentrasi BOD dan TSS pada limbah domestik. Penelitian ini menggunakan reaktor roughing filter aliran horizontal dengan media zeolite 35 cm, media gerabah 30 cm, media karbon aktif 35 cm pada reaktor I, sedangkan media zeolite 30 cm, media gerabah, 35 cm, media karbon aktif 35 cm pada reaktor II, dan media zeolite 35 cm, media gerabah, 35 cm, media karbon aktif 30 cm pada reaktor III. Variasi waktu operasional yang digunakan adalah 0 jam, 2 jam, 4 jam, 6 jam dan 8 jam. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Teknik Lingkungan ITN Malang. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa reaktor roughing filter aliran horizontal mampu menurunkan konsentrasi BOD, TSS dan minyak lemak hingga sesuai dengan baku mutu yang ada. Keefektifitasan reaktor untuk parameter BOD, TSS dan minyak lemak terjadi pada waktu operasional 8 jam. Konsentrasi BOD dapat diturunkan hingga 28 % dari konsentrasi 119 mg/l menjadi 88 mg/l. Konsentrasi TSS dapat diturunkan hingga 65 % dari konsentrasi 107 mg/l menjadi 40 mg/l. Sedangkan konsentrasi Minyak Lemak dapat diturunkan hingga 77 % dari konsentrasi 12 mg/l menjadi 3 mg/l. Semakin lama waktu operasional, maka persentase penurunan BOD, TSS dan minyak lemak semakin meningkat. Kata Kunci : Roughing filter, BOD, TSS, minyak lemak, Limbah cair domestik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Roughing filter, BOD, TSS, minyak lemak, Limbah cair domestik.
Subjects: Engineering > Environmental Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Lingkungan S1 > Teknik Lingkungan S1(Skripsi)
Depositing User: SAP Haning Tri Novianti
Date Deposited: 24 Jan 2019 03:41
Last Modified: 11 Mar 2019 02:44
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/524

Actions (login required)

View Item View Item