Aulia, Muhammad Khafidh (2021) PENERAPAN METODE FINITE STATE MACHINE PADA GAME PANDEMIC NIGHTMARE BERBASIS ANDROID. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional.
Text
1718021_AWAL - Muhammad Khafidh Aulia.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (978kB) |
|
Text
1718021_BAB I - Muhammad Khafidh Aulia.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (116kB) |
|
Text
1718021_BAB II - Muhammad Khafidh Aulia.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (167kB) | Request a copy |
|
Text
1718021_BAB III - Muhammad Khafidh Aulia.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (662kB) | Request a copy |
|
Text
1718021_BAB IV - Muhammad Khafidh Aulia.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (939kB) | Request a copy |
|
Text
1718021_BAB V - Muhammad Khafidh Aulia.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (7kB) | Request a copy |
|
Text
1718021_DAFTAR_PUSTAKA - Muhammad Khafidh Aulia.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (106kB) | Request a copy |
|
Text
1718021_LAMPIRAN - Muhammad Khafidh Aulia (1).pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
PENERAPAN METODE FINITE STATE MACHINE PADA GAME PANDEMIC NIGHTMARE BERBASIS ANDROID Muhammad Khafidh Aulia, Ali Mahmudi, Sentot Achmadi Program Studi Teknik Informatika S1, Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Nasional Malang, Jalan Raya Karanglo km 2 Malang, Indonesia 1718021@scholar.itn.ac.id ABSTRAK Pandemi Covid-19 membuat kegiatan diluar rumah menjadi terbatas. Salah satu upaya pemerintah untuk memutus rantai penyebaran virus Covid-19 tersebut adalah dengan menghimbau masyarakat untuk tetap berada di dalam rumah dan melakukan segala kegiatan bekerja maupun belajar secara online. Untuk menghilangkan kebosanan selama masa pandemi, peneliti menggagas untuk membuat sebuah game tentang mimpi buruk seorang remaja pada masa pandemi yang dapat dimainkan pada perangkat Android. Penelitian ini merupakan pembuatan sebuah game Pandemic Nightmare berbasis Android. Metode yang digunakan adalah FSM (Finite State Machine) sebagai kecerdasan buatan dari karakter NPC (Non Playable Character) pada game Pandemic Nightmare. Kebutuhan pada produk skripsi yang dikembangkan mencakup Unity 3D sebagai game engine dan sebuah perangkat Android sebagai uji perangkat. Hasil dari penelitian ini adalah produk berupa game yang dapat dijalanlan pada perangkat dengan sistem operasi Android minimal versi 5.0 Lollipop. Produk mempunyai fitur-fitur seperti kontrol sentuh pada layar smartphone, NPC yang memiliki kecerdasan buatan, item-item yang dapat dikumpulkan pada tiap level, pengaturan suara, seleksi level, serta fitur fear yang dapat mengurangi jarak pandang pemain. Berdasarkan fitur-fitur yang terdapat pada game Pandemic Nightmare seluruh fitur dapat berfungsi dengan baik dan benar. Berdasarkan pengujian pengguna diketahui bahwa mayoritas pengguna menilai game yang dikembangkan adalah baik. Berdasarkan penelitian disimpulkan bahwa kecerdasan buatan menggunakan metode FSM (Finite State Machine) berfungsi dengan baik, dan tombol kontrol dan tombol menu berfungsi dengan baik. Berdasarkan pengujian pengguna game Pandemic Nightmare baik dan layak dimainkan. Kata Kunci : Finite State Machine, Unity 3D, Kecerdasan Buatan, Game Platformer, Pandemi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Muhammad Khafidh Aulia (1718021) |
Uncontrolled Keywords: | Finite State Machine, Unity 3D, Kecerdasan Buatan, Game Platformer, Pandemi |
Subjects: | Engineering > Informatics Engineering |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi) |
Depositing User: | Ms Nunuk Yuli |
Date Deposited: | 15 Feb 2021 04:45 |
Last Modified: | 15 Feb 2021 04:45 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/5348 |
Actions (login required)
View Item |