Wijaya, Daniel Eka (2021) KOMBINASI METODE METODE FINITE STATE MACHINE DAN GAME-BASED LEARNING PADA GAME “ESCAPE FROM COVMADNESS”. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional.
Text
1718129_AWAL - Daniel Eka Wijaya.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
|
Text
1718129_BAB I - Daniel Eka Wijaya.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (15kB) |
|
Text
1718129_BAB II - Daniel Eka Wijaya.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (131kB) | Request a copy |
|
Text
1718129_BAB III - Daniel Eka Wijaya.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (561kB) | Request a copy |
|
Text
1718129_BAB IV - Daniel Eka Wijaya.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (748kB) | Request a copy |
|
Text
1718129_BAB V - Daniel Eka Wijaya.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (222kB) | Request a copy |
|
Text
1718129_DAFTAR PUSTAKA - Daniel Eka Wijaya.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (121kB) |
|
Text
1718129_LAMPIRAN - Daniel Eka Wijaya.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
KOMBINASI METODE METODE FINITE STATE MACHINE DAN GAME-BASED LEARNING PADA GAME “ESCAPE FROM COVMADNESS” Daniel Eka Wijaya Program Studi Teknik Informatika S1, Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Nasional Malang, Jalan Raya Karanglo km 2 Malang, Indonesia Daniel.ekawijaya@gmail.com ABSTRAK Permasalahan mengenai banyaknya angka kasus positif COVID-19 yang bermula pada awal tahun 2020 membuat semua orang cemas akan keselamatan dirinya bahkan keluarga mereka sendiri. Kurangnya kepatuhan akan protocol kesehatan merupakan salah satu penyebab meningkatnya angka positif COVID-19. Untuk itu, diperlukan pengembangan game sosialisasi tentang bagaimana cara menerapkan protocol kesehatan. Sosialisasi dengan menggunakan media game merupakan salah langkah yang efisien untuk membuat masyarakat lebih patuh dan taat akan protocol kesehatan. Pada penelitian ini peneliti menggunakan kombinasi metode Finite State Machine (FSM) dan metode Game Based Learning pada game. Metode FSM ini diterapkan pada 3 level dengan bentuk yang berbeda-beda untuk tiap levelnya. Sedangkan metode Game Based Learning diterapkan pada mini-games diantara salah satu level yang ada dalam game. Game ini dibuat dengan menggunakan tools Unity3D sebagai game engine dan Adobe Illustrator sebagai software untuk membuat desain karakter dan aset-aset yang dibutuhkan. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan, peneliti menggunakan 12 data responden dengan rentang usia yang berbeda-beda pada tiap responden guna mendapatkan hasil pengujian yang baik. Hasil pengujian tersebut yaitu sebesar 100% responden menyukai game ini, 100% responden menyatakan bahwa game ini memberikan nilai moral dalam kehidupan sehari-hari, dan sebanyak 91,7% responden menyatakan bahwa control pada game ini berjalan dengan baik. Kata Kunci : COVID-19, Finite State Machine, Game Based Learning, Game Edukasi, Desktop
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Daniel Eka Wijaya (1718129) |
Uncontrolled Keywords: | COVID-19, Finite State Machine, Game Based Learning, Game Edukasi, Desktop |
Subjects: | Engineering > Informatics Engineering |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi) |
Depositing User: | Ms Nunuk Yuli |
Date Deposited: | 17 Mar 2021 04:13 |
Last Modified: | 17 Mar 2021 04:13 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/5376 |
Actions (login required)
View Item |