EVALUASI KINERJA KONSULTAN PENGAWAS PADA PROYEK PEMBANGUNAN JALAN DI PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

Amir, Amir (2017) EVALUASI KINERJA KONSULTAN PENGAWAS PADA PROYEK PEMBANGUNAN JALAN DI PROVINSI KALIMANTAN TIMUR. Skripsi thesis, ITN MALANG.

[img] Text
TESIS AMIR PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21MB) | Request a copy

Abstract

Amir, 2015. Kinerja konsultan pengawas pada proyek pembangunan jalan di provinsi Kalimantan timur. Pembimbing : (1) Dr. Ir. H. Benny Mochtar. E.A, MT, (2) Ir. Tiong Iskandar, MT. Kata kunci : Kinerja, Konsultan pengawas Pembangunan jalan diprovinsi Kalimantan timur yang dibangun pada tahun anggaran 2015 diharapkan dapat menghasilkan infrastruktur jalan yang sesuai dengan yang direncanakan, dan semua itu tentunya tidak bisa terlepas juga dari peran serta kinerja dari konsultan pengawas yang memberikan layanan keahlian kepada Owner. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui konsultan pengawas pada proyek pembangunan jalan di provinsi Kalimantan timur dan tujuan untuk mendapatkan faktor yang paling dominan mempengaruhinya serta menentukan strategi untuk meningkatkan kinerja konsultan pengawas pada proyek pembangunan jalan. Metodologi analisis data yang digunakan adalah analisis faktor dan analisis regresi linier berganda terhadap jawaban dari kuisioner yang disebarkan kepada 55 responden dari pihak kontraktor dan Owner yang terlibat dalam proyek pembangunan jalan di provinsi Kalimantan timur. Berdasarkan hasil penelitian, kinerja konsultan pengawas secara signifikan pada proyek pembangunan jalan di provinsi Kalimantan timur adalah faktor kemampuan manajemen pengawasan penyelenggaraan proyek dengan nilai koefisen thitung = 2,575 > ttabel = 1,679 dan faktor kehadiran kerja dengan nilai koefisen thitung = 2,317 > ttabel = 1,679. Faktor yang paling dominan mempengaruhi kinerja konsultan pengawas pada proyek pembangunan jalan diprovinsi Kalimantan timur adalah faktor kemampuan manajemen pengawasan penyelenggaraan proyek dengan nilai Koefisien Koefisien  sebesar 0,639. Strategi yang harus dilakukan untuk meningkatkan kinerja konsultan pengawas pada proyek jalan adalah konsultan pengawas wajib mengikuti pelatihan intensif (workshop) serta mengadakan rapat diawal kegiatan tentang evaluasi dan pembahasan spesifikasi teknis terkait dengan kondisi permasalahan dilapangan dan khusus item pekerjaan di RAB kontrak, konsultan pengawas wajib mengikuti pelatihan intensif (workshop) serta mengadakan rapat diawal kegiatan tentang evaluasi dan pembahasan tentang tanggung jawab serta SOP sebagai konsultan pengawas, konsultan pengawas wajib mengikuti pelatihan intensif (workshop) serta mengadakan rapat diawal kegiatan tentang evaluasi dan pembahasan permasalahan dokumen kontrak serta kelengkapan-kelengkapan kontrak fisik, konsultan pengawas wajib mengikuti pelatihan intensif (workshop) serta mengadakan rapat diawal kegiatan tentang pembahasan keselamatan kerja terkait dengan kondisi permasalahan dilapangan dan khusus item pekerjaan di RAB kontrak serta tata acara pengajuan keselamatan kerja sebelum bekerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Kinerja, Konsultan pengawas Pembangunan jalan diprovinsi Kalimantan timur yang dibangun pada tahun anggaran 2015 diharapkan dapat menghasilkan infrastruktur jalan yang sesuai dengan yang direncanakan, dan semua itu tentunya tidak bisa terlepas juga dari peran serta kinerja dari konsultan pengawas yang memberikan layanan keahlian kepada Owner
Subjects: Engineering > Environmental Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Lingkungan S1 > Teknik Lingkungan S1(Skripsi)
Depositing User: SAP Haning Tri Novianti
Date Deposited: 24 Jan 2019 06:20
Last Modified: 11 Mar 2019 02:43
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/538

Actions (login required)

View Item View Item