Kurniawan, Agung (2021) Pemanfaatan Augmented Reality Dalam Dunia Pendidikan Untuk Mengenal Spesies Burung di Indonesia Berbasis Android. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.
Text
1618906_COVER - agung Coeg.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (433kB) |
|
Text
1618906_BAB I - agung Coeg.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (115kB) |
|
Text
1618906_BAB II - agung Coeg.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (742kB) | Request a copy |
|
Text
1618906_BAB III - agung Coeg.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
1618906_BAB IV - agung Coeg.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
1618906_BAB V - agung Coeg.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (11kB) | Request a copy |
|
Text
1618906_DAFTAR PUSTAKA - agung Coeg.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (15kB) |
|
Text
1618906_LAMPIRAN - agung Coeg.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pemanfaatan Augmented Reality Dalam Dunia Pendidikan Untuk Mengenal Spesies Burung di Indonesia Berbasis Android Agung Kurniawan Teknik Informatika – ITN Malang E-mail : agung1618906@gmail.com ABSTRAK Setiap jenis hayati harus tetap dipertahankan fungsi dan keberadaannya, termasuk salah satunya yakni satwa burung. Di Indonesia sendiri memiliki 1.531 jenis burung dan 397 diantaranya endemik. Namun sayangnya, ada beberapa burung yang terancam punah, karena maraknya perburuan dan perdagangan liar. Sehingga generasi muda saat ini tidak memiliki pengetahuan terkait jenis burung. Berdasarkan masalah yang telah disebutkan maka penulis bermaksud untuk menggunakan teknologi yang telah dikembangkan saat ini yaitu Augmented Reality sebagai upaya untuk mengatasi masalah tersebut. Dengan memanfaatkan Teknologi Augmented Reality dalam memperkenalkan spesies burung di Indonesia menggunakan metode marker berbasis Android. Untuk pembuatan aplikasi digunakan Unity dengan Vuforia, untuk pembuatan objek 3D digunakan aplikasi Blender 3D sebagai pemodelan objek burung. Hasil akhir dari penelitian ini berupa aplikasi pemanfaatan Augmented Reality dalam pendidikan untuk mengenal spesies burung di Indonesia berbasis android, pada penelitian ini peneliti berhasil membuat memiliki rata-rata waktu load untuk memunculkan objek yaitu 2.5 detik. Sedangkan untuk minimal versi android untuk menggunakan aplikasi adalah Lollipop dengan RAM 4 GB. Untuk jarak deteksi dengan jarak yaitu 10 cm, 30 cm, dan 50 cm. Pengujian jarak terhadap marker, jarak ideal agar marker dapat ter-scan dengan baik adalah antara 10 cm, 30 cm, sedangkan pada jarak 50 cm marker tidak dapat terdeteksi. Dari hasil intensitas cahaya adalah pada nilai 2,7 Cd, 3,6 Cd, dan 6,4 Cd marker dapat terdeteksi dengan baik. Sedangkan nilai intensitas 65,6 Cd marker dapat terdeteksi namun load lama. Kata Kunci : Augmented Reality, Metode Marker, spesies burung
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Agung Kurniawan 16.18.906 |
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, Metode Marker, spesies burung |
Subjects: | Engineering > Informatics Engineering |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi) |
Depositing User: | Ms Nunuk Yuli |
Date Deposited: | 05 Apr 2021 03:02 |
Last Modified: | 05 Apr 2021 03:02 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/5415 |
Actions (login required)
View Item |