Penurunan COD Dan TSS Pada Limbah Cair Rumah Potong Hewan Menggunakan Elektrokoagulasi Konfigurasi Bipolar Aliran Kontinyu Dengan Penambahan Pretreatment Sedimentasi (Studi Kasus: Limbah Cair Rumah Potong Hewan Di PD RPH Malang)

Ceme, Sofia Febrianty Yuliana (2013) Penurunan COD Dan TSS Pada Limbah Cair Rumah Potong Hewan Menggunakan Elektrokoagulasi Konfigurasi Bipolar Aliran Kontinyu Dengan Penambahan Pretreatment Sedimentasi (Studi Kasus: Limbah Cair Rumah Potong Hewan Di PD RPH Malang). Skripsi thesis, ITN Malang.

[img] Text
SOFIA FEBRIANTY Y. CEME 0826004.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (772kB) | Request a copy

Abstract

Limbah cair yang dihasilkan dari aktivitas rumah potong hewan (RPH) mengandung bahan organik yang tinggi sehingga menjadi pencemar di badan air. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan suatu pengolahan dalam menurunkan kadar pencemar pada limbah rumah potong hewan sebelum dibuang ke badan air. Salah satu alternatif yang dapat digunakan dalam pengolahan limbah rumah potong hewan adalah elektrokoagulasi bipolar dengan penambahan pretreatment sedimentasi. Elektrokoagulasi adalah teknologi pengolahan air dengan menggunakan proses elektrokimia dimana anoda akan melepaskan koagulan aktif berupa ion Al atau Fe ke dalam larutan dan pada katoda akan terjadi reaksi elektrolisis berupa pelepasan gas hidrogen. Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat penurunan dan pengaruh jumlah elektroda pada proses elektrokoagulasi konfigurasi bipolar aliran kontinyu dengan penambahan pretreatment sedimentasi terhadap penurunan COD dan TSS dari limbah cair rumah potong hewan. Penelitian ini digunakan metode elektrokoagulasi konfigurasi bipolar aliran kontinyu dalam pengolahan limbah cair rumah potong hewan. Dengan menggunakan tegangan elektrolisis 10 volt, kuat arus 4 ampere, pengadukan cepat sebesar 200 rpm dan pengadukan lambat sebesar 40 rpm dan menggunakan 4 buah elektroda (Al-Fe) dan 6 buah elektroda (Al-Fe), waktu operasi (10 menit, 20 menit dan 30 menit). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penurunan konsentrasi COD dan TSS pada proses pretreatment sedimentasi adalah masing-masing 27,69 % dan 16,35 % dengan konsentrasi akhir 880 mg/l dan 850 mg/l. Penurunan konsentrasi COD terbesar pada elektrokoagulasi konfigurasi bipolar aliran kontinyu dengan jumlah elektroda 6(Al-Fe), waktu operasi 30 menit yaitu 63,91 % dan konsentrasi akhir 258 mg/l. Penurunan konsentrasi TSS terbesar pada elektrokoagulasi konfigurasi bipolar aliran kontinyu dengan jumlah elektroda 6(Al-Fe), waktu operasi 30 menit yaitu 85,88 % dan konsentrasi akhir 76,67 mg/l. Kata kunci: COD, Elektrokoagulasi Bipolar, Limbah Rumah Potong Hewan, Sedimentasi, TSS

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: COD, Elektrokoagulasi Bipolar, Limbah Rumah Potong Hewan, Sedimentasi, TSS
Subjects: Engineering > Environmental Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Lingkungan S1 > Teknik Lingkungan S1(Skripsi)
Depositing User: SAP Haning Tri Novianti
Date Deposited: 25 Jan 2019 01:14
Last Modified: 11 Mar 2019 03:39
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/551

Actions (login required)

View Item View Item