PENERAPAN METODE FINITE STATE MACHINE DAN FUZZY PADA GAME “BLACK WARRIOR”

Setiawan, Daniel Ari (2021) PENERAPAN METODE FINITE STATE MACHINE DAN FUZZY PADA GAME “BLACK WARRIOR”. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.

[img] Text
1418094_AWAL - Daniel Ari Setiawan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (575kB)
[img] Text
1418094_BAB I - Daniel Ari Setiawan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (188kB)
[img] Text
1418094_BAB II - Daniel Ari Setiawan.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text
1418094_BAB III - Daniel Ari Setiawan.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (536kB) | Request a copy
[img] Text
1418094_BAB IV - Daniel Ari Setiawan.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (772kB) | Request a copy
[img] Text
1418094_BAB V - Daniel Ari Setiawan.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (80kB) | Request a copy
[img] Text
1418094_DAFTAR_PUSTAKA - Daniel Ari Setiawan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (138kB)
[img] Text
1418094_LAMPIRAN - Daniel Ari Setiawan.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

PENERAPAN METODE FINITE STATE MACHINE DAN FUZZY PADA GAME “BLACK WARRIOR” Daniel Ari Setiawan (1418094) Program Studi Teknik Informatika S-1 Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi NasionalMalang Jalan Raya Karanglo km 2 Tasikmadu, Malang Email : badruddin283@gmail.com ABSTRAK Saat ini, game adalah salah satu bentuk hiburan yang digemari oleh semua kalangan, baik anak-anak, remaja maupun orang dewasa. Semakin banyak game bermunculan yang menarik dan berkualitas, baik dari segi visualisasi maupun dari segi cerita. Salah satu tema game yang digemari adalah tentang petualangan. Berdasarkan kegemaran tersebut, penulis tertarik untuk membuat game “Black Warrior”. Metode yang digunakan untuk membuat game ‘Black Warrior” ini adalah metode Finite State Machine ( FSM ) dan metode Fuzzy. Pada level 1 dan level 2 diterapkan metode FSM yang mampu memodelkan respon musuh dengan variasi respon patroli, mengejar, dan menyerang sesuai dengan jarak antara player dan musuh/monster. Pada level 3 penerapan metode fuzzy mampu memodelkan respon bos musuh dengan varisasi respon patroli, standby, dan menyerang dimana respon tersebut dihasilkan dari kombinasi jarak ( antara player dan musuh ) dan kecepatan player.. Aplikasi pemograman yang digunakan untuk mengembangkan game adalah Unity 3D. Tahapan pengujian yang dilakukan adalah pengujian fungsional, pengujian kecerdasan buatan dan pengujian user. Berdasar rangkaian pengujian yang telah dilaksanakan, dapat diketahui bahwa hasil pengujian fungsional dan hasil pengujian kecerdasan buatan yang ada pada game sudah berfungsi dengan baik seluruhnya, sedangkan hasil pengujian user menunjukkan bahwa mayoritas user menilai game yang dikembangkan sudah cukup baik. Kata Kunci : Game, Black Warrior, Finite State Machine, Fuzzy, Unity 3D

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Daniel Ari Setiawan (1418094)
Uncontrolled Keywords: Game, Black Warrior, Finite State Machine, Fuzzy, Unity 3D
Subjects: Engineering > Informatics Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi)
Depositing User: Ms Nunuk Yuli
Date Deposited: 03 Sep 2021 03:29
Last Modified: 03 Sep 2021 03:29
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/5580

Actions (login required)

View Item View Item