Perancangan dan pembuatan alar komunikasi data teks yang terpusat untuk meningkatkan layanan pelanggan hotel dan pengambilan datadata tagihan oleh pihak hotel

Wibowo, Widayat Agung (2005) Perancangan dan pembuatan alar komunikasi data teks yang terpusat untuk meningkatkan layanan pelanggan hotel dan pengambilan datadata tagihan oleh pihak hotel. Skripsi thesis, Institut Teknologi Malang.

[img] Text
0017287 (2005).pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Hotel-hotel yang ada di Indonesia masih tergantung pada telepon lokal sebagai media komunikasi antara pihak hotel dengan para pelanggannya. Bahkan tidak jarang untuk hotel yang fasilitasnya minim tidak memiliki jaringan tersebut melalui telepon, pelanggan harus menerangkan kebutuhannya secara detail kepada operator telepon. Selain itu resepsionis terkadang merangkap sebagai opertor telepon. Ia bertugas melayani tamu yang akan check in ataupun check out dan mencatat kebutuhan para pelanggan yang menelepon. Pihak hotel sendiri senantiasa harus mengganti brosur-brosur fasilitas yang disediakan untuk para pelanggannya bila ada perubahan layanan. Hal itu menandakan bahwa brsur tersebut tidak fleksibel untuk diperbaharul setiap saat. Dalam skripsi ini, kami menawarkan solusi untuk mngatasi masalah ketergantungan pada telepon lokal dan ketidak fleksibelan penggunaan brosur. Dengan menggunakan alat Sentralisasi Layanan Pelanggan Hotel dengan Pengelolaan Basis Data, para pelanggan cukup memilih menu-menu fasilitas yang ditawarkan. Selain itu pihak hotel dapat memberitahu para pelanggannya tentang berbagai fasilitas baru setiap saat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Engineering > Electrical Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Elektro S1 > Teknik Elektro S1(Skripsi)
Depositing User: Handoyo Eka
Date Deposited: 10 Dec 2021 04:06
Last Modified: 10 Dec 2021 04:06
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/5831

Actions (login required)

View Item View Item