PENGOLAHAN LINDI DENGAN PROSES BIOFILTRASI ANAEROB (STUDI KASUS TPA SUPIT URANG KOTA MALANG)

Djaurany, Hatur Fitri (2014) PENGOLAHAN LINDI DENGAN PROSES BIOFILTRASI ANAEROB (STUDI KASUS TPA SUPIT URANG KOTA MALANG). Skripsi thesis, ITN Malang.

[img] Text
Skripsi Rany.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Sampah yang dibuang ke lingkungan akan menimbulkan masalah bagi kehidupan dan kesehatan lingkungan, terutama kehidupan manusia. Masalah yang sering muncul yaitu semakin meningkatnya timbulan lindi (leachate), sebagai efek dekomposisi biologis dari sampah yang memiliki potensi besar dalam mencemari badan air sekelilingnya. Maka dari itu, diperlukan suatu metode pengolahan limbah yang yang tepat guna, operasionalnya murah dan efisien yaitu dengan menggunakan Reaktor Biofiltrasi Anaerob untuk menurunkan kandungan Chemical Oxygen Demand (COD), Total Suspended Solids (TSS) warna dan kekeruhan pada limbah lindi dengan penambahan media pasir silika, karbon aktif, tembikar dan keramik ring (Bio Ring) sebagai media filter. Pada reaktor ini terjadi proses pengolahan biologis yang dilakukan oleh organisme anaerob yang mengendap di dasar filter dan dapat mengurangi polutan. Penelitian ini dilaksanakan dalam skala laboratorium. Adapun variasi yang digunakan pada penelitian ini meliputi variasi diameter media filter yaitu pasir silika 0,30 mm, karbon aktif 0,20 mm, dan tembikar 3 mm. Variasi waktu operasional yang digunakan 0, 5 dan 10 jam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa reaktor Biofilter Anaerobik dengan menggunakan media pasir silika, karbon aktif, tembikar dan keramik ring (Bio Ring) memiliki kemampuan dalam menurunkan konsentrasi COD, TSS, warna dan kekeruhan. Persentase penurunan konsentrasi tertinggi yaitu untuk COD sebesar 95,93%, TSS sebesar 99,58%, warna sebesar 77,14%, dan kekeruhan sebesar 98,61%, pada waktu operasional jam ke-10, terjadi pada reaktor III dengan menggunakan media keramik ring. Terjadinya penurunan konsentrasi pencemar karena dalam reaktor Biofilter Anaerobik terjadi proses filtrasi dan adsorpsi dari media yang digunaka Diharapkan penelitian dengan menggunakan pengolahan Biofiltrasi Anaerob ini dapat dijadikan sebagai pengolahan yang aplikatif dan tepat guna dalam menurunkan kandungan beban pencemar pada lindi (leachate) di TPA Supit Urang. Kata Kunci : Biofilter Anaerob, Chemical Oxygen Demand , Kekeruhan, Lindi, TotalSuspended Solid, warna.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Biofilter Anaerob, Chemical Oxygen Demand , Kekeruhan, Lindi, TotalSuspended Solid, warna.
Subjects: Engineering > Environmental Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Lingkungan S1 > Teknik Lingkungan S1(Skripsi)
Depositing User: SAP Haning Tri Novianti
Date Deposited: 26 Jan 2019 01:31
Last Modified: 11 Mar 2019 03:30
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/590

Actions (login required)

View Item View Item