Perancangan Sistem Informasi Akademik Untuk Meningkatkan Kinerja Manajemen (Studi Kasus : Universitas Satya Wiyata Mandala Nabire)

Arfan Natan, Palumpun and Abraham, Lomi and Fourry, Handoko (2017) Perancangan Sistem Informasi Akademik Untuk Meningkatkan Kinerja Manajemen (Studi Kasus : Universitas Satya Wiyata Mandala Nabire). Perancangan Sistem Informasi Akademik Untuk Meningkatkan Kinerja Manajemen (Studi Kasus : Universitas Satya Wiyata Mandala Nabire), 1 (1). pp. 15-24. ISSN 2549-3426.

[img] Text
222
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2kB)
Official URL: http://ejournal.itn.ac.id/index.php/jtmi/article/v...

Abstract

Universitas Satya Wiyata Mandala Nabire merupakan satu-satunya lembaga pendidikan tinggi yang ada di kabupaten Nabire. Pengelolaan pendidikan Tinggi sebagai lembaga yang bergerak pada bidang akademik, membutuhkan penanganan secara profesional, baik dari segi layanan maupun mutu yang dihasilkan. Sistem administrasi bidang akademik meliputi seluruh proses administrasi mulai dari seorang calon mahasiswa awal terdaftar sebagai mahasiswa hingga proses perkuliahan sampai lulus wisuda. Seluruh proses tersebut membutuhkan prosedur-prosedur dan aturan-aturan yang jelas, dengan pelaksanaan yang disiplin dan konsisten. Dengan kata lain perlu adanya suatu sistem informasi manajemen administrasi akademik di yang terstruktur dan terintegrasi serta dapat diakses di setiap komponen yang ada di universitas Satya Wiyata Mandala Nabire untuk peningkatan pelayanan akademik terhadap mahasiswa tersebut dibutuhkan suatu sistem informasi akademik yang dapat diakses secara on line. Adapun metodologi yang digunakan untuk penelitian ini adalah pendekatan terstuktur dengan mengunakan alat bantu seperti analisa pemodelan data, flowchart, hubungan relasi antar entitas, diagram konteks. Model pengembangan yang dilakukan adalah Waterfall dimana model Waterfall merupakan urutan aktifitas yang dilakukan didalam pengembangan sistem mulai dari perumusan masalah, analisis kebutuhan, perancangan serta implementasi sistem, pengujian sistem serta penerapan dan pemeliharaan sistem. Dengan diterapkannya perancangan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) pada Universitas Satya Wiyata Mandala Nabire yang bersifat On line dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan database MySql, diharapkan dapat mempermudah pengolahan seluruh data akademik tanpa harus terjadi kesalahan dalam mengelola data sehingga lembaga universitas dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Akademik (SIAKAD)
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknik Sipil S2
Depositing User: SAP Haning Tri Novianti
Date Deposited: 13 Dec 2018 06:38
Last Modified: 13 Dec 2018 07:38
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/61

Actions (login required)

View Item View Item