Devi, Zelin Velania (2021) BOARDING SCHOOL UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (AUTISME) DI KOTA BATU. Skripsi thesis, Institut teknologi nasional malang.
Text
1722094_FULL SKRIPSI - zelin velania.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan data yang dihimpun dari CDC (Center for Desease Control and Prevention), dari tahun ke tahun penyandang ASD (Autism Spectrum Disorder) mengalami peningkatan. Menurut Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, sebanyak 70% anak berkebutuhan khusus tidak mendapatkan pendidikan yang layak. Selama ini, sarana prasarana yang tersedia guna mewadahi aktifitas penyandang berupa tempat-tempat terapi yang merupakan alih fungsi lahan dari hunian, sekolah inklusi ataupun sekolah luar biasa. Di Kota Batu sendiri hanya tersedia sedikit fasilitas pendidikan sekolah khusus ABK (Anak Berkebutuhan Khusus), SLB (Sekolah Luar Biasa) ataupun sekolah inklusi, padahal kondisi lingkungan pada kota tersebut dianggap cocok bagi proses penyembuhan. Sebagian besar sekolah juga belum diimbangi dengan fasilitas yang baik. Boarding school ini dirancangkan agar mampu berfungsi sebagai media penyembuhan dan pendidikan yang layak, tepat dan sesuai bagi penyandang ASD (Autism Spectrum Disorder). Pendekatan desain yang diterapkan dalan tiap konsep rancangan didapatkan berdasarkan perilaku, karakteristik, aktifitas, serta kebiasaan penyandang agar dapat memenuhi fungsi bangunan sebagai media penyembuhan serta pendidikan secara maksimal. Mulai dari tampilan bangunan, sistem sirkulasi, bentuk dan penataan ruang, pemilihan vegetasi, kemudahan aksesibilitas haruslah mempertimbangkan faktor keamanan dan juga kenyamanan. Setiap konsep rancangan haruslah bersifat homy dan juga alami serta dekat dengan alam, yang mampu menghasilkan perasaan nyaman, aman serta familiar seperti di rumah sendiri. Oleh karena itu, perancangan “Boarding School untuk Anak Berkebutuhan Khusus (Autisme) di Kota Batu dengan Tema Arsitektur Perilaku” diharapkan mampu menjadi wadah dalam menaungi aktifitas, sesuai dengan perilaku, kebiasaan, serta kebutuhan dan juga sekaligus sebagai media penyembuhan dan pemberian pendidikan kepada penyandang ASD (Autism Spectrum Disorder).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Boarding School, Perilaku, Autisme, Batu, Jawa Timur. |
Subjects: | Engineering > Architectural Engineering |
Divisions: | Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Arsitektur S1 > Teknik Arsitektur S1(Skripsi) |
Depositing User: | Users 48 not found. |
Date Deposited: | 18 Jan 2022 01:12 |
Last Modified: | 18 Jan 2022 01:12 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/6223 |
Actions (login required)
View Item |