Naila, Fardiah Qonita Ummi (2021) KAJIAN EVALUASI PENGENALAN PENATAAN RUANG DENGAN MEMANFAATKAN PERMAINAN BERBASIS ANDROID “Q-TARU”. Skripsi thesis, Institut teknologi nasional malang.
Text
1724029_Awal - fardiah qonita.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
|
Text
1724029_BAB I - fardiah qonita.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (169kB) |
|
Text
1724029_BAB II - fardiah qonita.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (229kB) | Request a copy |
|
Text
1724029_BAB III - fardiah qonita.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (217kB) | Request a copy |
|
Text
1724029_BAB IV - fardiah qonita.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
1724029_BAB V - fardiah qonita.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (925kB) | Request a copy |
|
Text
1724029_BAB VI - fardiah qonita.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (111kB) | Request a copy |
|
Text
1724029_Daftar Pustaka - fardiah qonita.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (33kB) |
|
Text
1724029_Lampiran - fardiah qonita.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Beberapa faktor yang menyebabkan masyarakat bersifat pasif diantaranya yaitu adanya penolakan secara internal di kalangan anggota masyarakat dan penolakan eksternal terhadap pemerintah, kurangnya dana, keterbatasan informasi, pengetahuan atau pendidikan masyarakat dan program yang kurang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Penataan ruang yang mengedepankan partisipasi masyarakat dalam pemanfaatannya untuk dilakukan perubahan, akan mendorong masyarakat untuk dapat berperan aktif dalam proses pembangunan, karena bagaimana pun proses pembangunan akan berdampak pada lingkungan alam, sosial, ekonomi serta budaya tempat masyarakat tinggal. Menjawab salah satu faktor minimnya partisipasi masyarakat yaitu, keterbatasan informasi maupun pemahaman terkait dengan penataan ruang, media permainan mobile game Q-taru diharapkan dapat menjadi salah satu pengisi ruang kosong yang selama ini terjadi dalam pengenalan penataan ruang sejak dini kepada masyarakat, khususnya kalangan pelajar sebagai bagian dari masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan permainan “Q-Taru” sebagai media pembelajaran penataan ruang. Penelitian ini dilakukan dengan tahapan pengumpulan data, pengenalan dan sosialiasi QTaru serta evaluasi penggunaan permainan Q-Taru sebagai media pembelajaran penataan ruang. Proses analisa dengan menggunakan metode research and development, dimana peneliti membagikan kuesioner pada saat sebelum dilakukan sosialisasi permainan Q-Taru dan sesudah bermain QTaru. Hasil penelitian ini adalah, pengukuran efektivitas penggunaan Q-Taru terutama pada siswa di Tingkat SMA.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penataan Ruang, Sosialisasi, Permainan Edukasi, Android. |
Subjects: | Engineering > Area Planing Engineering (PWK) |
Divisions: | Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) S1 > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota (PWK)(Skripsi) |
Depositing User: | Users 48 not found. |
Date Deposited: | 18 Jan 2022 01:14 |
Last Modified: | 18 Jan 2022 01:14 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/6239 |
Actions (login required)
View Item |