ARAHAN TERKAIT DAMPAK PEMBANGUNAN JATIM PARK 3 TERHADAP KINERJA JALAN DI KORIDOR JALAN IR SOEKARNO DESA BEJI KECAMATAN JUNREJO KOTA BATU

Ballo, Doddy Marthin (2020) ARAHAN TERKAIT DAMPAK PEMBANGUNAN JATIM PARK 3 TERHADAP KINERJA JALAN DI KORIDOR JALAN IR SOEKARNO DESA BEJI KECAMATAN JUNREJO KOTA BATU. Skripsi thesis, Institut teknologi nasional malang.

[img] Text
1424039_FULL SKRIPSI - Doddy Ballo.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Industri pariwisata menunjukan perkembangan yang sangat pesat. Hal ini, antara lain didorong oleh perkembangan teknologi informasi, komunikasi dan teknologi transportasi yang sangat pesat begitu pula perkembangan pariwisata di Kota Batu mengalami peningkatan yang pesat, diantaranya terdapat beberapa destinasi wisata yang baru dikembangkan, salah satunya adalah Jatim Park 3 yang diresmikan pada tahun 2018. Besarnya aktivitas pada pusat - pusat pariwisata terutama pada Jatim Park 3 telah meningkatkan kompleksitas pergerakan arus lalu lintas pada koridor jalan disekitarnya, khususnya di koridor Jalan Ir. Soekarno. Hal ini menyebabkan terjadinya peningkatan volume lalu lintas, derajat kejenuhan dan konflik lalu lintas. Maka dari itu, tujuan penelitian ini adalah memberikan arahan dalam mengurangi dampak kawasan wisata Jatim Park 3 terhadap kinerja Jalan Ir. Soekarno. Dalam merumuskan arahan terkait pengurangan dampak kegiatan Jatim Park 3 terhadap kinerja jalan di koridor Jalan Ir. Soekarno, dirumuskan dengan menggunakan tiga tahapan analisis. Analisis pertama dilakukan dengan menghitung kinerja jalan berdasarkan MKJI yang dimodifikasi. Kemudian dilakukan analisis komparatif terhadap penggunaan lahan yang terdampak langsung oleh Jatim Park 3. Barulah merumuskan arahan dalam mengurangi dampak kawasan wisata Jatim Park 3 terhadap kinerja Jalan Ir. Soekarno dengan melihat potensi masalah dari hasil analisis sebelumnya. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa setiap segmen membutuhkan arahan yang berbeda-beda dikarenakan permasalahan tiap segmen juga berbeda dimana pada segmen 1 dibutuhkan arahan pelebaran Jalan menggunakan “Box Culvert” dimana dengan menggunakan “Box Culvert” bisa memaksimalkan sungai yang yang di tepi jalan sehingga pelebaran jalan bisa maksimal. Hasil pada segmen 2 membutuhkan arahan terkait pengkajian penataan kembali pintu masuk dan keluar Jatim Park 3 dan penyediaan lahan parkir agar lebih memadai. Hasil pada segmen 3 pada penggunaan lahan perdagangan dan jasa perlu ditingkatkan lagi lahan parkir agar tidak menyebabkan hambatan samping yang mempengaruhi kinerja jalan dikarenakan pada segmen 3 sudah terdampak kemacetan akibat dari antrian kendaraan yang masuk dan keluar Jatim Park 3.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kota Batu, Kawasan Pariwisata Jatim Park 3, Kinerja Jalan, Dampak pembangunan, Level of Service (LoS)
Subjects: Engineering > Area Planing Engineering (PWK)
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) S1 > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota (PWK)(Skripsi)
Depositing User: Users 48 not found.
Date Deposited: 18 Jan 2022 01:23
Last Modified: 18 Jan 2022 01:23
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/6310

Actions (login required)

View Item View Item