ARAHAN PENATAAN FASILITAS PEDESTRIAN DI JALAN SOEKARNO HATTA, KOTA MALANG

Kelen, Leonardus Suryanri Pehan (2018) ARAHAN PENATAAN FASILITAS PEDESTRIAN DI JALAN SOEKARNO HATTA, KOTA MALANG. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.

[img] Text
skripsi.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAKSI Jalan Soekarno Hatta, Kota Malang merupakan jalan yang tergabung dalam jaringan jalan kolektor primer Kota Malang mencangkup jaringan Jalan Ahmad Yani - Jalan Telogo Mas. Jalan Sukarno Hatta merupakan jalan dengan tingkat konsentrasi kegiatan yang cukup padat seperti kegiatan ekonomi dan sosial yang menjadi salah satu penyebab mobilitas pejalan kaki. Mobilitas pejalan tentunya membutuhkan ruang berserta fasilitas penunjang yang dapat menunjang kegiatan berjalan kaki, selain menunjang kegiatan pejalan kaki dengan adanya ruang berserta fasilitas pejalan kaki itu sendiri akan mempercantik kota. Penelitian Arahan Penataan Fasilitas Pedestrian di Jalan Soekarno Hatta bertujuan untuk memberikan arahan penataan fasilitas pedestrian berdasarkan pedoman – pedoman penataan fasilitas pedestrian. Untuk menentukan arahan penataan digunakan analisis berdasarkan aspek kenyamanan, aspek keselamatan, aspek Keamanan serta aspek permintaan (demand) dan penyediaan (supply) fasilitas pedestrian. Dalam menganalisis aspek – aspek diatas digunakan teknik manual sampel untuk pengambilan data awal, sedangkan dalam analisis data digunakan analisis multi keriteria untuk mengetahui tingkat kenyamanan, keselamatan dan keamanan, serta menggunakan analisis lalu lintas untuk mengetahui kebutuhan pedestrian berdasarkan sirkulasi dan menggunakan analisis deskriptif untuk mengetahui kondisi eksisting dari fasilitas pedestrian. Hasil analisa, dapat disimpulkan bahwa fasilitas pedestrian di jalan ini belum memenuhi standar keriteria berdasarkan aspek keselamatan, aspek kenyamanan dan aspek keamanan terlihat jelas dari kondisi eksisting dan sirkulasi pejalan kaki dari fasilitas pedestrian seperti trotoar yang tidak menerus, tidak adamya trotoar ataupun trotoar yang dijadikan lahan parkiran sampai tidak adanya streat furniture seperti telepon umum, halte, pagar pembatas dan tempat sampah yang kurang memadai. Berdasarkan hasil analisa diarahkan kepada penataan fasilitas pedestrian berdasarkan pedoman – pedoman penataan fasilitas pedestrian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Arahan, Penataan, Fasilitas Pedestrian
Subjects: Engineering > Area Planing Engineering (PWK)
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) S1 > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota (PWK)(Skripsi)
Depositing User: Mr Eddy Supriadi
Date Deposited: 28 Jan 2019 00:58
Last Modified: 06 Mar 2019 01:27
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/632

Actions (login required)

View Item View Item