DJATA, SIPRIANTO (2018) POLA PELAYANAN PERGERAKAN ANGKUTAN OJEK DI KOTA MALANG. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.
Text
Jurnal.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (538kB) |
|
Text
skripsi.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (14MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Transportasi dapat diartikan sebagai usaha memindahkan, menggerakan, mengangkut atau mengalihkan suatu objek dari suatu tempat ketempat lain. Ojek atau ojeg merupakan salah satu transportasi angkutan umum di Indonesia berbentuk sepeda motor yang bersifat paratransit atau tidak memiliki jalur trayek yang resmi seperti angkutan umum lainnya pada umumnya, angkutan ojek menjadi jenis angkutan umum yang cepat dan efisien karena dapat digunakan setiap waktu, wilayah pelayanan yang cukup luas dan biaya yang relatif murah tergantung kesepakatan bersama antara tukang ojek dan penumpang dilihat dari jarak dan lokasi tujuan yang akan tempuh. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat diketahui pola pergerakan pelayanan angkutan ojek di kota Malang. Penelitian ini menggunakan beberapa analisa guna mengetahui pola pergerakan ojek di kota Malang, antara lain untuk mengetahui tingkat kebutuhan angkutan ojek, maka digunakan analisa permintaan ojek dilihat dari analisa kapan permintaan ojek dilihat dari mengapa terjadi pergerakan yang dilihat dari jenis perjalanan serta maksud dan tujuan perjalanan penumpang kemudian di identifikasi waktu terjadinya pergerakan berdasarkan waktu jam kesibukan, setelah itu menggunakan analisa bangkitan pergerakan dengan mengetahui tujuan dan waktu pergerakan berdasarkan jam sibuk dan jam tidak sibuk. Sedangkan untuk mengetahui pola pergerakan ojek, maka digunakan analisa Asal – Tujuan sebagai hasil dari analisa bangkitan dan tarikan pergerakan guna menggambarkan Peta Pola Pergerakannya. Dari analisa yang telah dilakukan diketahui bahwa jumlah pengguna angkutan ojek terbanyak adalah aktivitas perjalanan sosial yaitu dengan profil perjalanan pulang ke rumah atau tempat tinggal sebanyak 50 responden dan jarak tempuh perjalanan paling banyak 1-5 km dari 97 jumlah total keseluruhan responden yang ada di 3 lokasi penelitian di pangkalan ojek kota Malang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tingkat Kebutuhan, Asal – Tujuan Pergerakan, Pola pergerakan |
Subjects: | Engineering > Area Planing Engineering (PWK) |
Divisions: | Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) S1 > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota (PWK)(Skripsi) |
Depositing User: | Users 25 not found. |
Date Deposited: | 28 Jan 2019 01:39 |
Last Modified: | 06 Mar 2019 01:18 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/634 |
Actions (login required)
View Item |