DESAIN BASIS DATA JARINGAN JALAN BERDASARKAN PERATURAN MENTERI PUPR NOMOR 25/PRT/M2014 (Studi Kasus: Kabupaten Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur)

Wardhana, Dohan Kusuma (2020) DESAIN BASIS DATA JARINGAN JALAN BERDASARKAN PERATURAN MENTERI PUPR NOMOR 25/PRT/M2014 (Studi Kasus: Kabupaten Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur). Skripsi thesis, Institut teknologi nasional malang.

[img] Text
1325049_FULL SKRIPSI - Doohan Ks.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kelancaran transportasi merupakan hal yang sangat penting dalam memajukan perekonomian suatu daerah. Dalam mengupayakan terciptanya transportasi yang lancar pemeritntah Kabupaten Sumba Tengah secara terus menerus melakukan peningkatan dan pemeliharaan jaringan jalan yang sudah tersedia dan juga merencanakan pembangunan jaringan jalan yang baru. Dengan pertimbangan keterbatasan ketersediaan anggaran untuk pemeliharaan jalan, peningkatan jalan dan pembangunan jalan maka sangat diperlukan sistem informasi jaringan jalan yang mampu memberikan informasi yang akurat yang mudah diakses serata berguna sebagai bagian dari sistem pengambilan keputusan. Database Jalan dan Jembatan Kabupaten Sumba Tengah dilakukan dengan mengumpulkan data jaringan jalan dan jembatan serta bangunan pendukungnya sebagai aset daerah. Data yang dikumpulkan tersebut diolah dan disajikan dalam bentuk sistem informasi database jalan dan jembatan di Kabupaten Sumba Tengah sesuai ketentuan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat No 25/PRT/M/2014. SISINJA dikembangkan menggunakan perangkat lunak database server (Postgre/PostGIS). Berdasarkan Sistem informasi dan Database Jalan dan Jembatan Kabupaten Sumba Tengah yang dikembangkan didapatkan total panjang ruas jalan kabupaten di Kabupaten Sumba Tengah adalah 750,962 Km. Berdasarkan jenis perkerasaanya didapatkan perkerasan tanah/ kerikil/ telford/ macadam sepanjang 355,134 km (47,29 %), perkerasan lapisan penetrasi macadam (lapen) sepanjang 311,505 Km (41,75 %), perkerasan aspal sepanjang 80,876 Km (10,77 %), dan perkerasan rigid/beton adalah 1,447 Kmv (0,19 %). Informasi terkait kondisi perkerasan didapatkan sebagai berikut kondisi baik sepanjang 225,024 Km (29,96 %), Kondisi sedang sepanjang 62,672 Km(8,35 %), Kondisi rusak ringan sepanjang 42,480 Km (5,66 %) dan Kondisi rusak berat sepanjang 420,757 Km (56,03 %). Sehingga secara keseluruhan kondisi jalan mantap sepanjang 287,696 Km (38,31 %), sedangkan kondisi tidak mantap sepanjang 463,266 Km (61,69 %). Sedangkan jumlah jembatan di ruas jalan kabupaten sebanyak 72 buah dengan kondisi Baik sejumlah 43 buah , kondisi sedang sejumlah 20 buah dan kondisi Rusak Ringan sejumlah 5 buah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Basis Data, Jaringan Jalan dan Jembatan
Subjects: Engineering > Geodesy Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Geodesi S1 > Teknik Geodesi S1(Skripsi)
Depositing User: Users 48 not found.
Date Deposited: 18 Jan 2022 01:29
Last Modified: 18 Jan 2022 01:29
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/6359

Actions (login required)

View Item View Item