EVALUASI KINERJA DUA SIMPANG BERSINYAL BERDEKATAN MENGGUNAKAN PROGRAM PTV VISSIM 11 (STUDI KASUS : SIMPANG JALAN SULFAT DAN SIMPANG JALAN CILIWUNG)

Semiun, Yutantinus Adrian Radja (2020) EVALUASI KINERJA DUA SIMPANG BERSINYAL BERDEKATAN MENGGUNAKAN PROGRAM PTV VISSIM 11 (STUDI KASUS : SIMPANG JALAN SULFAT DAN SIMPANG JALAN CILIWUNG). Skripsi thesis, Institut teknologi nasional malang.

[img] Text
1521147_AWAL - adrian civil.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
1521147_BAB I - adrian civil.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (310kB)
[img] Text
1521147_BAB II - adrian civil.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
1521147_BAB III - adrian civil.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (617kB) | Request a copy
[img] Text
1521147_BAB IV - adrian civil.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
1521147_BAB V - adrian civil.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text
1521147_DAFTAR_PUSTAKA - adrian civil.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (112kB)
[img] Text
1521147_LAMPIRAN - adrian civil.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (889kB) | Request a copy

Abstract

Sistem Transportasi dibangun untuk mengalirkan arus lalu lintas dari suatu tempat ketempat lainnya dengan tujuan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi di suatu wilayah. Oleh karena itu, dibutuhkan sarana dan prasarana yang memadai agar mudahnya melakukan mobilisasi dan aksesbilitas. Semakin banyak aktivitas dalam berlalu lintas akan menimbulkan kemacetan. Titik kemacetan yang paling tinggi biasanya terjadi pada persimpangan khususnya simpang bersinyal. Contohnya pada dua simpang bersinyal berdekatan, tidak koordinasinya kedua simpang tersebut akan menimbulkan kemacetan yang tinggi. Sehingga penulis mencoba untuk melakukan koordinasi kedua simpang, agar mengurangi tingkat kemacetan pada dua simpang besinyal berdekatan tersebut. Untuk meningkatkan tingkat pelayanan pada kedua simpang perlu dilakukannya analisis, evaluasi dan pemodelan simulasi sehingga mendapatkan solusi alternatif untuk permasalahan pad adua simpang yang berdekatan. Analisis, evaluasi menggunakan PKJI 2014 sedangkan pemodelan simulasi menggunkan software PTV Vissim 11. Hasil analisa menggunkan PKJI 2014 di dapatkan tingkat pelayanan pada kedua simpang tersebut adalah D. Setelah dilakukannya beberapa alternatif tingkat pelayanan pada kedua simpang menjadi C. Dari beberapa alternatif yang paling efektif adalah dilakukannya pelebaran jalan menggunakan PTV Vissim 11 untuk tiap lengan di mana panjang antrian pada kedua simpang tersebut menurun. Simpang sulfat pendekat utara 65,68 m, timur 27,20 m, selatan 20,44 m, selatan belok kanan 24,37 m, barat 9,6 m dan pada simpang ciliwung pendekat utara 74,88 m, timur 1,66 m, selatan 63,98 m, barat 30,56 m.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Simpang, Panjang Antrian, Derajat Kejenuhan, PKJI 2014, PTV Vissim 11
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi)
Depositing User: Users 48 not found.
Date Deposited: 03 Feb 2022 01:49
Last Modified: 03 Feb 2022 01:49
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/6570

Actions (login required)

View Item View Item