EVALUASI PENGARUH KEBERADAAN FASILITAS U-TURN TERHADAP KINERJA RUAS JALAN NASIONAL (STUDI KASUS JALAN JENDRAL AHMAD YANI KOTA MALANG SAMPAI JALAN RAYA MONDOROKO KAB. MALANG JAWA TIMUR)

Setiawan, Ulul Albab Putra (2020) EVALUASI PENGARUH KEBERADAAN FASILITAS U-TURN TERHADAP KINERJA RUAS JALAN NASIONAL (STUDI KASUS JALAN JENDRAL AHMAD YANI KOTA MALANG SAMPAI JALAN RAYA MONDOROKO KAB. MALANG JAWA TIMUR). Skripsi thesis, Institut teknologi nasional malang.

[img] Text
1621009_Full SKRIPSI - ulul albab putra setiawan.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

Transportasi adalah pergerakan atau perpindahan manusia atau barang dari suatu tempat ketempat lainnya. Penumpukan kendaraan yang terjadi akan menimbulkan masalah pada sistem pergerakan transportasi, seperti tundaan atau kemacetan. Untuk mengetahui dampak dari fasilitas putar balik arah (U-Turn) terhadap kinerja jalan Nasional (kolektor primer) perlu dilakukan evaluiasi, analisis kinerja ruas jalan dan kinerja putaran balik agar didapatkan alternative pemecahan masalah untuk menekan konflik lalu lintas pada fasilitas putaran balik. Evaluasi dan analisis dilakukan berdasarkan PJKI 2014 dan PPPB 2005. Data yang digunakan didapatkan dari survey pada tanggal 17 Maret 2020. Hasil yang didapatkan dengan menggunakan PKJI 2014 dan PPPB 2005 adalah derajat kejenuhan arah utara (Malang-Surabaya) 0,46 < 0,75 dan derajat kejenuhan arah selatan (Surabaya-Malang) 0,72 < 0,75. Kecepatan tempuh pada arah utara (Malang-Surabaya) 59 km/jam dan keceptan tempuh pada arah selatan (Surabaya-Malang), sebesar 52 km/jam. Kinerja putaran balik paling tinggi terjadi pada putaran balik didepan SPBU Mondoroko Singosari dengan volume 133 Skr/jam, panjang antrian 19,8 m dan tundaan 180 detik. Alternatif yang dipilih adalah dengan menutup beberapa putaran balik, hasil dari alternative adalah berkurangnya jumlah fasilitas putaran balik sebelumnya 12 titik menjadi 6 titik, menurunnya panjang antrian dan tundaan pada fasilitas putaran balik yang berkinerja tinggi yaitu pada putaran balik didepan SPBU Mondoroko Singosari dengan volume 133 Skr/jam, panjang antrian 19,8 m dan tundaan 180 detik. Setelah putaran balik tersebut ditutup dan digabung menjadi satu dengan putaran balik didepan RS Marsudi Waluyo Singosari dan SMKN 1 Singosari didapati hasil volume 66 Skr/jam, panjang antrian 15,75 m dan tundaan 53 detik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Ruas Jalan, Kinerja Putaran Balik, Persyaratan Putaran.
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi)
Depositing User: Users 48 not found.
Date Deposited: 03 Feb 2022 01:52
Last Modified: 03 Feb 2022 01:52
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/6607

Actions (login required)

View Item View Item