EVALUASI TINGKAT KERUSAKAN JALAN SEBAGAI DASAR PENENTUAN PERBAIKAN DENGAN STANDAR BINA MARGA PADA RUAS JALAN AERAMO-MARAPOKOT

HABA, DENNY DAVIDSON (2021) EVALUASI TINGKAT KERUSAKAN JALAN SEBAGAI DASAR PENENTUAN PERBAIKAN DENGAN STANDAR BINA MARGA PADA RUAS JALAN AERAMO-MARAPOKOT. Skripsi thesis, Institut teknologi nasional malang.

[img] Text
1521032_FULL SKRIPSI - Denny Haba.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Jalan Aeramo – Marapokot merupakan jalan yang berada di Kabupaten Nagekeo dengan tipe jalan 1 lajur 2 arah dengan status jalan nasional dan fungsi jalan sebagai jalan arteri primer yang memegang peranan penting sebagai prasarana transportasi dalam perkembangan wilayah serta, keberadaannya memiliki nilai yang sangat strategis. Jalan ini kesehariannya di sibukkan oleh aktivitas pertanian atau perkebunan, di samping itu jalan ini juga penghubung keperumahan dan pemukiman masyarakat dan juga jalur yang menuju ke pelabuhan Marapokot. Untuk mengatasi kerusakan yang terjadi pada ruas jalan ini perlu diadakan suatu penelitian untuk mendapatkan tingkat kerusakan jalan dan menentukan penanganannya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui jenis kerusakan jalan yang terjadi dan bagaimana penanganan jalan yang sesuai dengan kondisi jalan serta berapa biaya penanganannya. Untuk menunjang studi ini diperlukan data seperti : data kondisi jalan berdasarkan kekasaran permukaan jalan atau international roughness index (IRI), data kondisi jalan berdasarkan kerusakan jalan atau surface distress index (SDI), gambar geometrik jalan, foto dokumentasi, dan peta ruas jalan. Dari hasil survey secara visual langsung dilapangan dan analisa data, perlunya diadakan penanganan jalan berdasarkan kondisi kerusakan jalan. Maka untuk mewakili setiap masing – masing segment jalan yaitu per 100 m dapat ditentukan pengambilan suatu keputusan per 1 km untuk penentuan jenis penanganan jalan : Pemeliharaan rutin pada Sta 0+000 – Sta 1+000 dan Sta 5+000 – Sta 6+000, pemeliharaan berkala pada Sta 1+000 – Sta 5+000, dan peningkatan pada Sta 6+000 - Sta 7+500 dengan biaya total keseluruhannya Rp. 6.194.742.130. Diharapkan pada penelitian ini bisa menjadi pedoman untuk mengembalikan kinerja jalan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penanganan jalan, perbaikan jalan, pemeliharaan jalan, IRI, SDI
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi)
Depositing User: Users 48 not found.
Date Deposited: 03 Feb 2022 01:56
Last Modified: 28 Sep 2022 04:37
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/6638

Actions (login required)

View Item View Item