EVALUASI KINERJA SIMPANG BERSINYAL BERDEKATAN (STUDI KASUS : SIMPANG JALAN LETJEN SUTOYO – JALAN SARANGAN DAN SIMPANG JALAN LETJEN SUTOYO – JALAN JAKSA AGUNG SUPRAPTO KOTA MALANG)

Fadillah, Muhammad (2021) EVALUASI KINERJA SIMPANG BERSINYAL BERDEKATAN (STUDI KASUS : SIMPANG JALAN LETJEN SUTOYO – JALAN SARANGAN DAN SIMPANG JALAN LETJEN SUTOYO – JALAN JAKSA AGUNG SUPRAPTO KOTA MALANG). Skripsi thesis, Institut teknologi nasional malang.

[img] Text
1621193_FULL SKRIPSI - muhamad fadilah.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Kemacetan di simpangan berdekatan umumnya disebabkan oleh siklus traffic light, seperti yang terjadi di kota Malang salah satunya berada di simpang Jalan Letjen Sutoyo – simpang Jalan Jaksa Agung Suprapto yang saling berdekatan, maka diperlukan perbaikan pada simpang tersebut dengan metode evaluasi kinerja menggunakan PKJI 2014 dan alternatif menggunakan Koordinasi Simpang. Hasil analisis kinerja simpang eksisting dengan metode PKJI 2014 didapat derajat kejenuhan maksimum terjadi pada jam puncak sore yaitu sebesar 1,11 > 0,85 umtuk simpang 3 dan 1.44 > 0,85 untuk simpang 4. Panjang antrian maksimum sebesar 150 m untuk simpang 3 dan 209 m untuk simpang 4 Dan tundaan rata-rata sebesar 44,63 det/skr > 15 det/skr dengan tingkat pelayanan E untuk simpang 3 dan 87.95 det/skr > 15 det/skr untuk simpang 4 dengan tingkat pelayanan F. Hasil dari Studi dengan alternatif yang dipilih Simpang Berdekatan adalah dengan 2 fase, larangan belok kanan dan pelebaran geometrik untuk simpang 3 dan 4 Alternatif ini mendapatkan nilai derajat kejenuhan maksimum terjadi pada jam puncak sore yaitu sebesar 0,84 < 0,85 umtuk simpang 3 dan 0,84 < 0,85 untuk simpang 4. Panjang antrian maksimum sebesar 101 m untuk simpang 3 dan 92 m untuk simpang 4 Dan tundaan rata-rata sebesar 14 det/skr < 25 det/skr dengan tingkat pelayanan B untuk simpang 3 dan 18 det/skr < 25 det/skr untuk simpang 4 dengan tingkat pelayanan C, Setelah didapatkan hasil alternatif terbaik 2 simpang berdekatan ini, masih belum terkoordinasi dalam sinyal lalu lintas maka diperlukan alternatif koordinasi sinyal tersebut, berdasarkan hasil perhitungan koordinasi simpang didapatkan green bandwidth saat pagi, siang dan sore sebesar 34, 33 dan 30 detik, offset sinyal antar sinyal simpang Letjen Sutoyo ke simpang Jaksa Agung Suprapto sebesar 33, 36 dan 40 detik dan offset sinyal antar sinyal simpang Jaksa Agung Suprapto ke simpang Letjen Sutoyo sebesar 40, 38 dan 40 detik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Simpang, Simpang Koordinasi, PKJI 2014
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi)
Depositing User: Users 48 not found.
Date Deposited: 03 Feb 2022 01:57
Last Modified: 03 Feb 2022 01:57
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/6649

Actions (login required)

View Item View Item