EVALUASI KINERJA SIMPANG TAK BERSINYAL ( STUDI KASUS : SIMPANG JALAN GATOT SUBROTO – JALAN PANGLIMA SUDIRMAN – JALAN TRUNOJOYO – JALAN UNTUNG SUROPATI, KOTA MALANG )

ASY’ARI, MUHAMAD HASAN (2021) EVALUASI KINERJA SIMPANG TAK BERSINYAL ( STUDI KASUS : SIMPANG JALAN GATOT SUBROTO – JALAN PANGLIMA SUDIRMAN – JALAN TRUNOJOYO – JALAN UNTUNG SUROPATI, KOTA MALANG ). Skripsi thesis, Institut teknologi nasional malang.

[img] Text
1621194_FULL SKRIPSI - Muhamad Hasan Asy'ari.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Kota malang terrmasuk kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah Kota Surabaya. Kota Malang dikenal sebagai kota pendidikan, kota industri. jumlah penduduk dalam 5 tahum terakhir Kota Malang mencapai 874.890 jiwa (Badan Pusat Statistik Kota Malang 2020). Hal ini menyebabkan kepadatan penduduk dan juga meningkatnya arus transpotasi, kondisi ini tentu berpengaruh signifikan terhadap tingginya aktifitas arus transportasi dan berpotensi menimbulkan kemacetan. Peningkatan kinerja simpang perlu dilakukan analisis dan evaluasi kinerja pada simpang Jl. Gatot Subroto – Jl. Panglima Sudirman – Jl. Trunojoyo – Jl. Untung Suropati Selatan sehingga didapat alternatif untuk permasalahan simpang. Analisis dan evaluasi yang dilakukan berdasarkan PKJI 2014. Data yang diolah didapat dari hasil survey pada tanggal 29 Maret 2021 – 3 April 2021 kinerja simpang eksisting berdasarkan evaluasi menggunakan metode PKJI 2014 didapat derajat kejenuhan simpang 1,15 (melebihi 0,85), peluang antrian mencapai 107,39 %, dan tundaan sebesar 72,83 det/skr, dengan tingkat pelayanan F. Berdasarka analisis untuk pemecahan permasalahan dengan beberapa solusi alternatif, sehingga terpilih alternatif 4 untuk permasalahan Simpang Empat Jl. Gatot Subroto – Jl. Panglima Sudirman – Jl. Trunojoyo - JL. Untung Suropati Selatan adalah dengan menggunakan lampu isyarat lalu lintas dengan 2 fase tanpa melakukan pelebaran geometrik. Alternatif ini mendapatkan nilai derajat kejenuhan sebesar 0,74 (lebih kecil dari 0,85), panjang antrian maksimum 78,87 m.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Simpang, , Panjang Antrian, Tundaan, PKJI 2014
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi)
Depositing User: Users 48 not found.
Date Deposited: 03 Feb 2022 01:57
Last Modified: 03 Feb 2022 01:57
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/6650

Actions (login required)

View Item View Item