STUDI PERENCANAAN PENINGKATAN JALAN DAN RENCANA ANGGARAN BIAYA RUAS JALAN RUTENGREOK-KEDINDI KABUPATEN MANGGARAI DENGAN MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA 2017

LALUNG, MARIA LASKARIANI (2021) STUDI PERENCANAAN PENINGKATAN JALAN DAN RENCANA ANGGARAN BIAYA RUAS JALAN RUTENGREOK-KEDINDI KABUPATEN MANGGARAI DENGAN MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA 2017. Skripsi thesis, Institut teknologi nasional malang.

[img] Text
1721073_FULL SKRIPSI - laskhar Cantik26.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Jalan Ruteng-Reok-Kedindi Merupakan jalan Nasional dan memiliki lebar jalan yang tidak merata sepanjang jalan yang mana terdiri dari lebar 4,50 m dan 6,0 m. Sebagai jalan primer yang sering dilalui kendaraan besar seperti kendaraan logistik yang mempunyai muatan besar,dikarenakan adanya pelabuhan barang dan tambang pasir diwilayah Reok barat, sehingga pada jalan tersebut mengalami kerusakan. Data-data yang digunakan dalam perencanaan perkerasan jalan lentur adalah data sekunder yaitu data lalu lintas harian, data CBR dan Harga satuan pekerjaan kabupaten Manggarai Tahun 2020. Data lalu lintas harian yang dipakai tiga tahun kebelakang, tahun 2017 sampai 2019, data CBR diperoleh dari PT. Diantama Rekanusa, Jo (Konsultan) dan Harga satuan pekerjaan kabupaten Manggarai tahun 2020 diperoleh dari PT. Menara Armada Pratama (Kontraktor). Metode yang digunakan pada perkerasan lentur adalah Metode Bina Marga 2017 dan diperhitungkan Rencana Anggaran Biaya mengacu pada Harga satuan pekerjaan kabupaten Manggarai tahun 2020 dan Spesifikasi Umum Bina Marga Tahun 2018. Hasil perhitungan perencanaan pada perkerasan lentur dengan umur rencana 5 tahun menunjukan bahwa pada pelebaran jalan perkerasan menggunakan laston didapatkan tebal perkerasan lentur jalan baru (pelebaran) dengan lebar 1,25 × 2 (kanan kiri) yaitu AC-WC setebal 4 cm, AC-BC setebal 6 cm, AC-Base setebal 7 cm, Lapis Pondasi Atas (LPA) setebal 30 cm dan Lapis Pondasi Bawah (LPB) setebal 10 cm. sedangkan pada perkerasan eksisting perlu penambahan tebal lapis jalan (Overlay) dengan lebar badan jalan 4,5 m dengan lapis tambah AC-WC setebal 4 cm, AC-BC setebal 6 cm, AC-Base setebal 7 cm. Besar biaya yang diperlukan untuk peningkatan pelebaran jalan dengan rencana anggaran biaya sebesar Rp. 6.909.699.307,28 pada ruas jalan Ruteng – Reok – Kedindi kabupaten Manggarai dengan panjang jalan 1,5 km dari sta 0+000-1+500

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perkerasan Lentur, Metode Bina Marga 2017, Rencana Anggaran Biaya
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi)
Depositing User: Users 48 not found.
Date Deposited: 03 Feb 2022 01:58
Last Modified: 03 Feb 2022 01:58
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/6657

Actions (login required)

View Item View Item