EVALUASI KINERJA SIMPANG MADYOPURO AKIBAT ADANYA EXIT TOL PANDAAN – MALANG DI SAWOJAJAR (LOKASI STUDI DI JALAN KI AGENG GRIBIG – JALAN RAYA MADYOPURO KOTA MALANG)

BELI, GUSTY BERNATH (2021) EVALUASI KINERJA SIMPANG MADYOPURO AKIBAT ADANYA EXIT TOL PANDAAN – MALANG DI SAWOJAJAR (LOKASI STUDI DI JALAN KI AGENG GRIBIG – JALAN RAYA MADYOPURO KOTA MALANG). Skripsi thesis, Institut teknologi nasional malang.

[img] Text
1621176 AWAL - Gusty Bernath.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (545kB)
[img] Text
1621176 BAB 1 - Gusty Bernath.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (370kB)
[img] Text
1621176 BAB II - Gusty Bernath.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
1621176 BAB III - Gusty Bernath.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (448kB) | Request a copy
[img] Text
1621176 BAB IV - Gusty Bernath.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
1621176 BAB V - Gusty Bernath.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (291kB) | Request a copy
[img] Text
1621176 DAFTAR PUSTAKA - Gusty Bernath.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (273kB)
[img] Text
1621176 LAMPIRAN - Gusty Bernath.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Simpang Madyopuro merupakan salah satu simpang yang terkena dampak dari adanya akses pintu tol Sawojajar di Kota Malang. Sehingga, perlu adanya kajian pada ruas simpang Madyopuro terkait dampak dari akses pintu tol Sawojajar agar bisa memberikan solusi perbaikan terhadap simpang tersebut. Oleh sebab itu dalam studi ini dilakukan analisis dampak akses pintu tol Sawojajar terhadap kinerja simpang Madyopuro di Jalan Ki Ageng Gribig dan Jalan Madyopuro Kota Malang. Data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil survei langsung dilapangan selama 3 hari pengamatan berupa data geometrik jalan dan data volume lalulintas. Lokasi survei yaitu pada simpang Madyopuro pada Jalan Ki Ageng Gribig dan Jalan Madyopuro. Survei dilakukan pada kondisi sebelum dan sesudah beroperasinya akses pintu tol Sawojajar. Sedangkan data sekunder diperoleh dari BPS Kota Malang dan data hasil penelitian terdahulu. Analisa dilakukan terhadap derajat kejenuhan, panjang antrian dan tundaan. Sebagai dasar analisa digunakan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2014. Dampak akses pintu tol Sawojajar terhadap kinerja simpang Madyopuro eksisting sebelum beroperasinya akses pintu tol Sawojajar, nilai tundaan maksimum sebesar 26,189 det/kend dan nilai derajat kejenuhan maksimum sebesar 1,595 atau ≥ 0,85. Dan eksisting setelah beroperasinya akses pintu tol Sawojajar, nilai derajat kejenuhan sebesar 0,41 dan nilai tundaan sebesar 33,397 det/kend. Hal ini menunjukkan bahwa kinerja simpang tersebut masuk dalam tingkat pelayanan D atau tidak layak. Setelah melakukan evaluasi perhitungan dengan menggunakan PKJI 2014, maka disimpulkan untuk melakukan perbaikan terhadap simpang dengan menggunakan alternatif 1 optimasi waktu sinyal dengan merencanakan ulang waktu hijau pada setiap lengan dengan siklus awal 102 detik menjadi 106 detik didapatkan nilai derajat kejenuhan sebesar 0,34 dan tundaan sebesar 27,001 det/kend dengan tingakat pelayanan D. Dan untuk solusi alternatif 2 dengan melakukan pelebaran pada geometrik tiap lengan sebesar 2 meter didapatkan nilai derajat kejenuhan sebesar 0,33 dan tundaan sebesar 21,364 det/kend dengan tingakat pelayanan C. Dari kedua alternatif tersebut lebih efektif menggunakan alternatif 2 yakni dengan melakukan pelebaran geometri sebesar 2 meter, sehingga simpang tersebut diharapkan mampu melayani arus lalulintas dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Simpang, derajat kejenuhan, tundaan, panjang antrian solusi alternatif dan PKJI 2014.
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi)
Depositing User: Users 48 not found.
Date Deposited: 03 Feb 2022 02:00
Last Modified: 03 Feb 2022 02:00
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/6695

Actions (login required)

View Item View Item