ANALISIS DAN DESAIN STRUKTUR ATAS JEMBATAN NUNUKAN KALIMANTAN UTARA DENGAN MODELISASI GEOMETRIK TYPE PARKER TRUSS YANG DIMODIFIKASI BRACING

MAKSUM, MAKSUM (2016) ANALISIS DAN DESAIN STRUKTUR ATAS JEMBATAN NUNUKAN KALIMANTAN UTARA DENGAN MODELISASI GEOMETRIK TYPE PARKER TRUSS YANG DIMODIFIKASI BRACING. Skripsi thesis, itn malang.

[img] Text
skripsi maksimum.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Jembatan merupakan sarana yang sangat penting untuk menghubungkan antara daerah satu dengan daerah yang lain melalui transportasi darat. Di mana pembangunan jalan dan jembatan sebagai lalu lintas kendaraan sangat perlu pembangunannya sebagai alat penyeberangan yang dapat memberikan rasa aman dan nyaman untuk melalui sungai, danau, tebing dan segala penghalang. Selain itu pula penting sekali bagi penyenggara pemerintahan, ekonomi, kebutuhan sosial, perniagaan, kebudayaan, dan pertahanan. Jembatan sendiri salah satu bagian dari jalan yang sangat berpengaruh terhadap kelancaran transportasi. Terputusnya suatu daerah dari pemerintah pusat atau daerah lain menghambat kemajuan daerah. Struktur bangunan atas Jembatan Rangka Baja terdiri atas beberapa bagian batang-batang utama pembentuk rangka batang induk, batang melintang, batang memanjang, batang ikatan angin atas, batang ikatan angin bawah, ikatan pengaku, selain itu penambahan bracing pada gelagar induk bisa mengurangi angka kelangsingan sehingga bisa menghemat biaya. Dalam kajian ini menggunakan data perencanaan jembatan nunukan kalimanatan utara dengan bentang 50 m, tinggi 5,5 m dan lebar 7,5 m. perencanaan struktur disesuaikan dengan peraturan RSNI T 02-2005 dan RSNI T 03-2005 dengan mengunakan metode LRFD. Pemodelan dan analisa struktur mengunakan progam bantu StaadPro V8i 2007. Adapun hasil yang diperoleh dari perencanaan ulang, struktur menggunakan dimensi dari jembatan ini perencanaan plat lantai kendaraan Tebal plat beton : 250 mm, dipakai tulangan pokok : D16 – 200 mm ,dipakai tulangan bagi:  13 – 250 mm, gelagar memanjang Dipakai profil : WF 400 x 200 x 8 x 13, gelagar melintang bawah dipakai profil : WF 594 x 302 x 14 x 23, perencanaan gelagar melintang atas dipakai profil WF 200 x 200 x 8 x 12, gelagar induk dipakai profil : WF 400 x 400 x 20 x 30, ikatan angin dipakai profil: LD125x90x13, bracing gelegar induk dipakai profil WF 400 x 200 x 8 x 13, Pada perletakan jembatan b : 50 cm l : 90 cm, dihasilkan lendutan maksimal pada tengah bentang yaitu masing-masing pada joint 111 sebesar 12,370 mm, joint 78 sebesar 12,350 mm, joint 4 sebesar 29,329 mm, joint 85 sebesar 29,375 mm (akibat kombinasi beban mati + beban hidup “D” + Rem + angin) lebih kecil dari lendutan yang diijinkan sebesar 0,208 m < 21cm .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Jembatan, Rangka, LRFD, ikatan angin, lendutan.
Subjects: Engineering > Area Planing Engineering (PWK)
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi)
Depositing User: Mr Planologi planologi
Date Deposited: 29 Jan 2019 01:25
Last Modified: 03 Mar 2023 03:45
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/674

Actions (login required)

View Item View Item